Gempa Taiwan Terbesar dalam 25 Tahun, Jepang Revisi Angka Magnitudo

Oleh Sandy Indra Pratama - fakta.com
03 April 2024 09:58 WIB
Ilustrasi gempa.

FAKTA.COM, Jakarta - Direktur Pusat Seismologi Taiwan, Wu Chein Fu menuturkan gempa yang terjadi merupakan yang terkuat dan terbesar dalam 25 tahun terakhir.

"Gempanya dekat dengan daratan dan dangkal. Gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai... ini yang terkuat dalam 25 tahun sejak gempa (1999)," kata Wu Chien-fu kepada wartawan, seperti dikutip oleh kantor berita Perancis, AFP,

Disebut sebagai gempa terbesar lantaran Wu mengacu pada gempa M 7,6 yang terjadi pada September 1999 di Taiwan dan menewaskan sekitar 2.400 orang.

Sementara itu, diberitakan Reuters, Otoritas Meteorologi Jepang merevisi kekuatan gempa bumi yang mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4) dari semula magnitudo 7,2 - 7,5 menjadi 7,7.

Gempa besar yang berlangsung sekitar pukul 07.58 waktu lokal ini berpusat di selatan Hualien, pantai timur Taiwan, dengan kedalaman 15,5 kilometer, menurut Reuters.

Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Taiwan

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS)menuturkan gempa Taiwan terasa hingga 3 negara yakni Jepang, FIlipina, dan beberapa wilayah China.

Hingga kini, belum ada laporan detail terkait gempa dan kerusakan imbas gempa dahsyat ini di Taiwan menyusul kabar bahwa internet sempat lumpuh di wilayah tersebut.

Beberapa laporan media lokal sebelumnya menyebutkan banyak gedung runtuh dan sekitar 87 ribu rumah di Taiwan kehilangan daya listrik imbas gempa.

Di Jepang gempa memicu peringatan tsunami hingga setinggi 3 meter. Otoritas setempat juga telah mengimbau evakuasi warga di wilayah pesisir, terutama di Okinawa.

Tsunami kecil setinggi 0,3 meter bahkan telah tiba di Pulau Yonaguni, barat daya Jepang.

Gempa juga terasa hingga ke sejumlah wilayah di China. Reuters melaporkan guncangan terasa di Fuzhou, Xiamen, Quanzhou, hingga Ningde.

Warga di Shanghai turut merasakan guncangan imbas gempa tersebut, demikian dikutip Reuters.

Badan seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa kuat di Taiwan.

Badan itu memperkirakan akan wilayah pesisir Filipina yang menghadap Samudra Pasifik akan mengalami "gelombang tinggi tsunami."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//