Gempa 7,1 Skala Ritcher Guncang Jepang

Ilustrasi gempa. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta - Jepang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Ritcher pada hari ini, Kamis (8/8/2024). Badan meteorologi setempat melaporkan ada peringatan tsunami.

Dikutip dari Channel News Asia, menurut United States Geological Survey (USGS), gempa tersebut terjadi pada pukul 16.42 di lepas pantai Kyushu. Diketahui, gempa tersebut terjadi di kedalaman 25 km.

Gempa M 5,0 Guncang Mentawai, Getaran Terasa hingga Padang

Semula, USGS melaporkan ada dua gempa kuat, yaitu 6,9 Skala Ritcher dan 7,1 Skala Ritcher. "Kesalahan ini telah diperbaiki. Ada satu kejadian," tulis USGS.

Sementara itu, Japan Meteorology Agency (JMA) melaporkan ada 1 gempa bumi yang berkekuatan 7,1 Skala Ritcher. Melalui akun X, JMA mengingatkan masyarakat bahwa ada potensi tsunami berulang.

"Mohon jangan memasuki laut atau pantai sampai peringatan dicabut," cuit JMA.

Gempa Taiwan Terbesar dalam 25 Tahun, Jepang Revisi Angka Magnitudo

Tak ada laporan langsung tentang kerusakan akibat gempa. Pemerintah setempat pun membentuk satuan tugas khusus untuk menangani gempa bumi.

Dikutip dari Japan News, gelombang tsunami setinggi 50 cm mencapai Pelabuhan Miyazaki di Miyazaki pada 17.14. Kemudian, tsunami 30 cm tercatgat di Nichinan pada 17.23.

Gelombang laut setinggi 30 cm tercatat terjadi di Tosashimizu, Kochi, pada 17.46. Lalu, gelombang setinggi 10 cm mencapai Hyuga, Miyazaki, pada 17.13

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//