Duka Dunia untuk Iran atas Wafatnya Presiden Raisi

Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Wikimedia Common)

FAKTA.COM, Jakarta - Dunia mencurahkan rasa solidaritasnya kepada Iran, setelah pemerintahan mereka kehilangan sosok Presiden Ebrahim Raisi,yang wafat dalam kecelakaan helikopter saat berdinas.

Bahkan, Pemerintah Pakistan menetapkan 20 Mei sebagai hari berkabung nasional sehubungan dengan wafatnya Presiden Iran, kata Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif.

“Pakistan dengan senang hati menjadi tuan rumah bagi Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian dalam kunjungan bersejarah kurang dari sebulan yang lalu. Mereka adalah kawan baik Pakistan," kata PM di medsos X.

"Pakistan akan menetapkan hari berkabung dan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda penghormatan kepada Presiden Raisi dan sejumlah pejabat senior lainnya sekaligus sebagai bentuk solidaritas dengan saudara-saudara Iran," ujarnya menambahkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada rakyat dan pemerintah Iran, serta kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, atas meninggalnya Raisi.

“Sebagai Turki, kami akan mendukung tetangga kami Iran di hari-hari sulit dan tragis ini, seperti yang telah kami lakukan berkali-kali sebelumnya,” kata Erdogan pada X.

Presiden Iran Ebrahim Raisi Dinyatakan Meninggal

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam suratnya kepada Khamenei menyatakan belasungkawa dan mengatakan bahwa dengan kematian Raisi "rakyat Iran kehilangan seorang negarawan terkemuka yang mengabdi pada negaranya dengan dedikasi dan kesetiaan sepanjang hidupnya."

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev menyampaikan belasungkawanya, dan menambahkan bahwa sebagai presiden Iran, Raisi telah bekerja untuk melayani kepentingan Iran, meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dan menjaga stabilitas di kawasan.

Sekretaris Jenderal OPEC Haitham Al Ghais dan Sekretariat OPEC juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya presiden Iran kepada keluarga dan rakyat Iran, kata organisasi itu pada X.

Helikopter Presiden Iran Ditemukan: Tidak Ada Tanda Selamat

Selain itu, otoritas di Afrika Selatan dan Jepang juga ikut menyampaikan belasungkawa mereka kepada Iran.

Sejumlah pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi, juga telah menyampaikan belasungkawa kepada Iran. Beberapa negara, seperti Irak dan Lebanon, menyatakan masa berkabung resmi atas kematian Raisi.

Sementara itu dari dalam negeri, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran pada Minggu (19/5).

"Wapres mengucapkan duka yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi," kata Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, seperti ditulis Antara.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//