26 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Arab Saudi

Dokumen Kementerian Agama RI

FAKTA.COM, Jakarta - Meskipun prosesi ibadah haji 1444 H telah lama selesai, hingga sekarang masih terdapat 26 jemaah haji asal Indonesia yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah berjanji akan terus melakukan pendampingan hingga proses penyembuhan sekaligus kepulangan jemaah tersebut ke Tanah Air. 

“Semoga jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi ini semua lekas sehat, sehingga bisa kembali ke Tanah Air dan berkumpul dengan keluarga. Aamiin,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam dikutip dari keterangan resminya, Rabu (30/8/2023).

Astagfirullah! Mau Naik Haji Harus Tunggu 97 Tahun

Sebelumnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa operasional haji 1444 H resmi berakhir pada 5 Agustus 2023. Ketika itu, masih terdapat 77 jemaah haji yang dirawat di RS baik di Kota Makkah, Madinah, serta Jeddah.

Dari jumlah tersebut sebanyak 35 jemaah meninggal dunia dan dimakamkan di daerah setempat. Sedangkan 16 jemaah secara bertahap dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Sehingga, saat ini masih terdapat 26 jemaah yang masih dalam proses perawatan. Menurut Nasrullah, sebanyak 10 jemaah di antaranya sedang dalam proses untuk mendapatkan surat kelayakan terbang dari pihak RS.

Takbir! Kuota Haji Indonesia Tahun Ini Bertambah 8.000

Nantinya, setelah memperoleh izin terbang, para jemaah tersebut akan dapat dipulangkan ke Indonesia. "Jika sehat, jemaah melanjutkan perjalanan pulang ke keluarganya. Jika tidak, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede untuk pemulihan agar siap melanjutkan perjalanan menuju daerah asal," jelas Nasrullah.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//