Tipu Daya di Konser Coldplay Rugikan Fans Miliaran

Ilustrasi: Fakta.com/Adelia Banyumurni

FAKTA.COM, Jakarta - Konser Coldplay usai, namun menyisakan masalah panjang. Di gelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada (15/11/2023) lalu, konser ini menjadi salah satu konser paling ditunggu dan alhasil menjadi sajian paling megah di tahun ini.

Namun, masalah datang lantaran kasus penipuan tiket yang menimpa ratusan orang dengan total miliaran Rupiah.

Para korban yang berjumlah ratusan ramai-ramai melaporkan kejadian penipuan tersebut ke pihak kepolisian. Polres Metro Jakarta Pusat, mencatat telah menerima dua laporan kasus penipuan tiket konser Coldplay. Adapun yang pertama, terkait 73 orang yang gagal masuk nonton konser di SUGBK, Jakarta, pada Rabu (15/11/2023). 

Dalam kasus ini telah terjadi kesepakatan damai antara para korban dan reseller yang diketahui berinisal M. Dalam perjanjian tersebut, reseller berinisial M bersedia mengembalikan tiket kepada para korban.

'Lagu Lama Kaset Baru' Dalih Coldplay Cuma Konser Sehari

Namun, dikasus yang kedua, polisi mengungkap ada lima orang yang telah ditipu sebanyak 400 tiket yang dibeli dari seseorang. Adapun kelima orang itu merupakan reseller yang mengalami kerugian penipuan mencapai 1,3 milliar. 

Selain itu, terdapat juga kasus penipuan tiket konser Coldplay yang menimbulkan kerugian yang fantastis mencapai Rp15 miliar. Adapun pelaku yang diduga melakukan tindak penipuan tersebut berinisial (GDA). Dia viral di media sosial X, dulu Twitter, karena ia berhasil meraup Rp15 miliar dari aksi penipuannya dan menyimpan uang nya tersebut di bank Belanda.

Diketahui terduga pelaku GDA tersebut sebelumnya pernah melakukan aksi penipuan yang serupa di konser-konser sebelumnya seperti Tulus, NCT, dan Blackpink. Modusnya yang digunakan adalah dengan mengaku bahwa dirinya mengenal orang dalam penyedia konser tersebut, sehingga dapat dengan mudah menarik perhatian pembeli untuk bertransaksi dengannya, dan setelah transaksi antara korban dengan GDA dilakukan, ia akan menghilang dan tidak memberikan tiket konsernya.

"Kami sedang melakukan penyidikan dan pemeriksaan yang mendalam dan intensif, serta mengumpulkan bukti-bukti," ujar Kasatreskrim Polres Metro Jakarta pusat Kompol Chandra Mata Rohansyah dalam keterangannya, pada Jumat (17/11/2023).

Sementara itu, kasus penipuan tiket konser Coldplay ini juga menimpa salah seorang artis Susan Sameh, ia melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro Jakarta Selatan. Susan mengaku telah membeli 7 tiket konser Coldplay kepada calo, yang dijanjikan akan memberikan tiketnya di hari H acara konser tersebut dan akan bertemu memberi tiket tersebut di salah satu mall Senayan. Namun, saat di hari H, sang calo tidak ada di lokasi, sehingga Susan langsung melapor kejadian itu ke pihak kepolisian.

Coldplay, Pinjam Seratus dan Fenomena Utang Indonesia

Adapun pelaku yang menipu artis Susan Sameh itu sudah berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian pada Rabu (15/11/2023), di sebuah rumah daerah Menteng, Jakarta Pusat. Pelaku berinisial RA tersebut melancarkan aksi penipuannya dengan menduplikasi tiket resmi Coldplay yang telah dirinya beli. 

"Di mana modus pelaku RA pertama-pertama dia beli tiket resmi Coldplay, lalu yang bersangkutan memalsukan menduplikat tiket ini seakan-akan tiket resmi dan asli," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Bintoro.

AKBP Bintoro di Polres Metro Jakarta Selatan juga menjelaskan, pelaku inisial RA memasarkan tiket tersebut melalui mulut ke mulut, hingga berhasil menipu sebanyak 24 korban dengan harga sekitar Rp312 juta. Atas perbuatannya tersebut, pelaku terkena pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

"Pasal penipuan dan penggelapan 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara," ujar Bintoro. (ILM)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//