Pansel KPK: Pendaftar Capim Perempuan Sangat Minim

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
11 Juli 2024 12:19 WIB
Anggota Pansel KPK Rezki Sri Wibowo saat menggelar pertemuan dengan para aktivis dan pegiat antikorupsi di Makassar, Kamis (11/7/2024). (Foto: ANTARA/Muh Hasanuddin)

FAKTA.COM, Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pendaftar dari kalangan perempuan sangat minim.

Anggota Pansel KPK Rezki Sri Wibowo mengatakan, pendaftar calon pimpinan lembaga antirasuah dari kalangan perempuan hanya satu orang dari 79 yang mendaftar.

"Kami sangat menyayangkan karena pendaftar dari kaum perempuan ini masih sangat kurang. Padahal aktivis perempuan tidak sedikit di Indonesia," ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Pimpinan KPK Akui 8 Tahun Bekerja Gagal Berantas Korupsi

Rezki Sri Wibowo mengatakan Indonesia tidak kekurangan aktivis perempuan yang punya latar belakang dan visi pemberantasan korupsi yang baik untuk kemajuan bangsa.

Karena itu, pihaknya mendorong para aktivis ataupun pegiat antikorupsi dari kalangan perempuan untuk mendaftarkan diri menjadi calon pimpinan dan membangun kualitas penegakan hukum yang lebih baik lagi.

KPK Tetapkan Dua Tersangka Baru Korupsi LNG Pertamina

Sebelumnya, pendaftaran capim dan calon dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Artinya masa pendaftaran hanya tinggal 4 hari lagi.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPR RI. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//