Majelis Kehormatan MK Siap Bacakan Putusan Etik 4 Hakim

Gedung Mahkamah Konstitusi RI di Jakarta.

FAKTA.COM, Jakarta - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran etik oleh empat hakim konstitusi pada hari ini, Kamis (28/3/2024). Pelaporan emapat hakim MK ini merupakan buntut dari perkara MK nomor 90 yang kontroversial lantaran memuluskan Gibran menjadi calon wakil presiden.

Dalam sidang putusan, rencananya akan memutuskan nasib etik buat empat hakim yang dilaporkan di antaranya Anwar Usman, Saldi Isra, Arief Hidayat, dan Wahiduddin Adams. Ada lima laporan yang akan dibacakan putusannya oleh MKMK pada sidang nanti.

“Sidang Pengucapan Putusan MKMK terhadap lima laporan pelanggaran kode etik dan perilaku Hakim Konstitusi akan digelar pada Kamis, mulai pukul 09.00 WIB di Gedung II MK,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono kepada jurnalis.

Sidang mulanya dijadwalkan berlangsung pada pukul 12.00 WIB. Namun, kata Fajar, agenda itu dimajukan karena waktunya bersamaan dengan sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum atau PHPU yang berlangsung di MK.

MKMK Kejar Waktu Bereskan Kasus Pelanggaran Kode Etik Hakim

Sebelumnya, MKMK telah melaksanakan sidang pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan sejak 15 Maret lalu. Pihak MKMK telah meneliti kelengkapan dan hal-hal administratif lain dalam laporan-laporan tersebut.

Ketua MKMK I Dewa Gede Palguna menyebut pihaknya tak akan menggelar persidangan lanjutan, melainkan langsung akan menggelar sidang pembacaan putusan.

Pasalnya, berdasarkan sidang pendahuluan terhadap para pelapor, MKMK menemukan tidak ada lagi yang mengajukan alat bukti, kecuali melakukan perbaikan sistematisasi penyusunan bukti.

Selain itu, MKMK juga menilai telah mendengarkan keterangan atau pembelaan hakim terlapor.

Sebab itu, lanjut ia, pihaknya tinggal mendalami dan mendiskusikan hasil pemeriksaan Para Pihak tersebut.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//