KPK Rampung Periksa Menteri Pertanian

Oleh Fakta.com - fakta.com
19 Juni 2023 07:37 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (psp.pertainian.go.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan Kementerian Pertanian, Senin (19/6/23).

Hadir sejak Senin pagi, Syahrul keluar Gedung KPK sekitar pukul 13.00 WIB tanpa memberikan keterangan detail kepada awak media. Menteri dari Partai NasDem tersebut mengungkap jika dia ditanya sejumlah pertanyaan terkait perkara yang tengah diusut KPK tersebut.

"Saya kooperatif diperiksa, sudah saya jawab. Tanya saja ke KPK (soal perkara)," ungkap Syahrul.

Meskipun menolak untuk menanggapi kasus yang menimpa kementerian yang ia pimpin, Syahrul memastikan akan tetap kooperatif terkait proses hukum termasuk jika KPK kembali memanggilnya. Sebelumnya ia mengakui jika sebelumnya KPK telah dua kali melakukan pemanggilan terhadapnya, namun ia berhalangan hadir lantaran menghadiri kegiatan negara.

"Saya sudah diperiksa secara profesional. Saya tetap kooperatif dan akan siap (memberikan keterangan berikutnya)."

Sebelumnya, KPK membenarkan pihaknya tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Hal tersebut diungkap Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

"Saat ini masih proses lidik (penyelidikan)," ujar Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu (14/6/2023).

Berdasarkan informasi yang beredar, penyelidikan KPK dimulai awal 2023 dan disebut menyeret pejabat tinggi di Kementan. Dugaan kasus ini berkaitan dengan penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di Kementan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya penyelidikan kasus ini. Ali menyebut tim lembaga antirasuah sudah mengklarifikasi beberapa pihak.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," kata Ali, Rabu (14/6/2023).

Ali menyebut kasus ini diawali dengan laporan dari masyarakat yang diterima KPK yang kemudian ditindaklanjuti pada proses penegakan hukum.

Beredar kabar hari ini KPK bakal menetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Kabar itu diungkap akun Instagram @pedeoproject.Dalam unggahannya, @pedeoproject menyebut Syahrul Yasin Limpo bakal ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan SPJ, gratifikasi, dan suap.

Selain Syahrul Yasin Limpo, akun Instagram itu juga menyebut KPK menetapkan dua pejabat Kementan lainnya sebagai tersangka.

"Dalam informasi terbatas itu disebutkan bahwa SYL (Syahrul Yasin Limpo) selaku Menteri Pertanian 2019-2024 bersama-sama dengan KSD (Sekjen Kementerian Pertanian 2021 s/d sekarang) dan HTA (Direktur Pupuk Pestisida 2020-2022/Direktur Alat Mesin Pertanian tahun 2023) telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (TPK)," tulis akun Instagaram @pedeoproject.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//