KPK Geledah Rumah Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin. (Dokumentasi: dpr.go.id)

FAKTA.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Ketua Komisi IV DPR RI Sudin di Raffles Hills, Cibubur, Depok, Jawa Barat tadi malam, Jumat 10 November 2023.

Penggeledahan tersebut berkaitan dengan kasus dugaan korupsi dan gratifikasi di Kementerian Pertanian yang melibatkan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Informasi yang kami terima benar," tutur Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (10/11/2023).

Sejatinya Sudin menjalani pemeriksaan oleh Lembaga antirasuah pada hari yang sama. Namun, anggota Fraksi PDIP ini tak hadir.

SYL: Jangan Hakimi Saya Dulu

Ketidakhadiran Sudin ke Gedung KPK sendiri sudah diketahui oleh para penyidik.

"Menjadwalkan pemeriksaan saksi Pak Sudin Anggota DPR RI untuk perkara SYL dan kawan-kawan. Tapi informasi yang kami peroleh dari penyidik, yang bersangkutan (Sudin) tidak bisa hadir dan mengkonfirmasi kepada tim penyidik KPK," ungkap Ali.

Lantaran tidak hadir, KPK rencananya bakal menjadwalkan ulang pemeriksaan Sudin pada pekan depan, tepatnya Rabu 15 November 2023.

Pada perkara ini, Sudin diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

"Kami akan jadwal ulang nanti pada hari Rabu terhadap yang bersangkutan sebagai saksi untuk perkara dengan tersangka SYL dan kawan-kawan," katanya.

Penanganan Korupsi SYL dan Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK, Adu Cepat?

Sekadar informasi, tim penyidik KPK telah menangkap tersangka Syahrul Yasin Limpo di sebuah apartemen di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (12/10/2023) malam.

Selanjutnya para penyidik KPK memeriksa tersangka sampai akhirnya memutuskan untuk menahan tersangka untuk pengembangan penyidikan.

Selain SYL, instansi antirasuah ini telah juga telah menetapkan dua arang tersangka yaitu, KS selaku mantan Sekretaris Jenderal Kementan, serta MH sebagai Direktur Alat dan Mesin Pertanian Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//