Jaga Pemilu 2024, Polri Kerahkan 234.197 Personel

Konferensi pers Rakor Operasi Mantab Brata. (Dokumen Humas Polri)

FAKTA.COM, Jakarta - Meski pemilihan umum (pemilu) 2024 masih menyisakan waktu sekitar 4 bulan, Polri sudah menyiapkan para pasukannya. Bahkan, sudah dibentuk operasi besar-besaran dengan nama ‘Operasi Mantab Brata’.

Operasi yang melibatkan 434.197 personel Polri itu, akan dikerahkan dalam upaya menjaga kelancaran dan ketertiban selama proses Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menuturkan kehadiran personel yang banyak ini diharapkan pemilu akan berlangsung dengan damai dari tahap pendaftaran calon hingga pelantikan. "Polri menerjunkan kekuatan penuh untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024," kata Sandi, Kamis (28/9/2023).

Ciptakan Pemilu 2024 yang Sehat, Bawaslu Gandeng Tiktok

Dari jumlah personel yang disiapkan, Sandi juga menyebut Polri telah melakukan pemetaan berdasarkan tingkat kerawanan dan karakteristik setiap daerah untuk menentukan pengamanan yang sesuai.

Untuk itu, Operasi Mantab Brata akan terdiri dari 9 satuan tugas yang berbeda. Di antaranya, Satgas Pengamanan Capres-Cawapres, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penindakan, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Pengaman TPS Luar Negeri, Satgas Hums, dan Satgas Banops.

Operasi ini akan berlangsung selama 222 hari, dimulai dari tahap pendaftaran hingga pengambilan sumpah pasangan presiden yang terpilih.

KPK X Polri Buru Buron Korupsi Lintas Negara

Menurut Sandi, Komjen Fadil Imran sebagai Kabaharkam Polri akan memimpin operasi ini dengan dukungan dari Dankorbrimob sebagai wakil kepala operasi (Wakaops).

Selain itu, 11 satuan kerja dari Mabes Polri yang terdiri dari Bareskrim, Baintelkam, Baharkam, Korbrimob, Slog, Divisi Humas, TIK, Propam, Hubinter, Srena, dan Irwasum, akan terlibat dalam pelaksanaan operasi ini.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//