Dewas KPK Beberkan Total Pungli Rutan Mencapai Rp6,1 Milliar

Dewas KPK membeberkan adanya pungli di rumah tahanan. (Fakta.com/Rendi Sugiri)

FAKTA.COM, Jakarta - Dewas KPK Beberkan Total Pungli Rutan Mencapai Rp6,1 Milliar Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) membeberkan dugaan uang pungutan liar di lingkungan rutan KPK mencapai mencapai Rp6,1 miliar.

Hasil tersebut dapat berubah seiring dengan temuan-temuan baru yang bisa jadi ditemukan oleh tim penyidik.

"Totalnya sekitar Rp6,18 miliar total dari Dewan Pengawas, itu bisa berbeda dengan teman-teman penyidikan," ucap anggota Dewas KPK, Albertina Ho di Gedung ACLC KPK C1, Jakarta Selatan pada Senin (15/1/2024).

Albertina mengungkapkan, Dewas KPK telah memeriksa 169 orang yang diduga terlibat dalam kasus pungli di rutan KPK, di antaranya 27 orang mantan narapidana KPK.

Ternyata, Orang Indonesia Lebih Suka Nonton Youtube dan TikTokan Selama 2023

"Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 169 orang. Pihak eksternal 27 orang mantan tahanan KPK sehingga kami harus pergi memeriksa ke LP karena mereka sudah menjadi napi," ujarnya.

Ia merincikan, ada 32 orang yang terdiri dari mantan staf rutan, mantan Kepala Bagian pengamanan, dan inspektur.

"Kemudian ada mantan staf rutan, mantan kabag pengamanan, PLT Kabag pengamanan dan inspektur itu total 32 orang saksi murni yang dari 169 orang," katanya.

Ia menambahkan, 137 orang yang bertugas di rutan KPK telah diperiksa Dewas dan memperoleh 93 orang untuk dilanjutkan ke sidang etik serta 44 orang tidak cukup beralasan.

Dewas Terima 67 Laporan Etik Pimpinan KPK, Hanya 3 Lanjut Sidang

"Dari 137 yang pernah bertugas di rutan, 93 cukup beralasan kita bawa ke sidang etik yang 44 tidak cukup alasan untuk dilanjutkan ke sidang etik," tambahnya.

Dewas telah memberhentikan satu pegawai KPK yang statusnya bukan berasal dari insan KPK.

"Kemudian, satu orang sudah diberhentikan dari pegawai KPK pada tgl 16 Agustus 2023, lalu satu orang yang bukan insan KPK," pungkasnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//