Penampakan Sepeda Terpanjang di Dunia, Panjangnya Lebih dari 55 Meter

Seperti apa, ya, rupa sepeda terpanjang di dunia? (Foto: ilustrasi orang naik sepeda/Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Sepeda yang dirancang oleh delapan insinyur Belanda, menyabet gelar sepeda terpanjang di dunia. Panjangnya lebih dari 55 meter.

Dikutip dari Oddity Central, Minggu 30 Juni 2024, sepeda raksasa ini sebenarnya memiliki panjang 55,16 meter dan terbuat dari logam. Panjang sepeda ini kurang lebih sama dengan empat bus tingkat yang berjejer.

Pria di India Pecahkan Rekor Mengetik dengan Hidung Tercepat di Dunia

Sang pembuat, Ivan Schalk, bermimpi ingin membuat sepeda terpanjang di dunia ketika masih kecil. Pria berusia 39 tahun, berkata impian itu muncul setelah membaca Guinness Books of Records.

Proyek itu baru dimulai pada 2018 untuk mengisi waktu luang. Karena sadar tak bisa membuatnya sendiri, Schalk meminta bantuan dari orang-orang di tempat dia tinggal, Prinsenbeek, Belanda.

Mereka menghabiskan waktu empat tahun (tidak termasuk termasuk 2 tahun lockdown karena pandemi COVID-19) untuk mengerjakan sepeda raksasa.

"Saya memikirkan ide ini bertahun-tahun. Tujuannya untuk memecahkan rekor sepeda terpanjang dunia," kata dia.

Penampakan sepeda terpanjang di dunia. (Dokumen Oddity Central) Penampakan sepeda terpanjang di dunia. (Dokumen Oddity Central)


Schalk melanjutkan, mereka memperhatikan semua aturan Guinness World Records saat membuat sepeda itu.

Lebih Sulit daripada yang Dibayangkan

Upaya Schalk dkk memecahkan rekor ini ternyata lebih sulit daripada yang dibayangkan. Pada 3 Juni 2023, mereka mendapatkan konfirmasi dari Guinness bahwa ciptaan itu tak menyabet gelar sepeda terpanjang di dunia, tetapi tandem terpanjang di dunia.

Sepeda raksasa ini dikendarai dua orang. (Dokumen Oddity Central) Sepeda raksasa ini dikendarai dua orang. (Dokumen Oddity Central)

Bagi Schalk, rekor itu sangat beda karena timnya telah menghormati aturan Guinness untuk sepeda.

Menurt aturan, maksimal ada dua orang untuk mengayuh sepeda sepanjang 55,16 meter. Satu orang ada di depan stang dan satu lagi mengayuh di belakang.

Akan tetapi, Schalk mengizinkan ada tiga orang. Orang ketiga duduk di struktur logam panjang yang menghubungkan bagian belakang dan depan sepeda.

Namun, Guinness menyebut tiga orang terlalu banyak untuk "duduk" di sepeda terpanjang di dunia.

Pria Prancis Gagal Pecahkan Rekor Replika Eiffel Tertinggi di Dunia Gara-gara Ini

Tim Schalk akhirnya mengambil rekor tandem terpanjang di dunia meskipun sedikit kecewa. Namun, mereka tidak patah semangat dan terus berusaha.

Akhirnya, Schalk dan tim berhasil memecahkan rekor sepeda terpanjang di dunia dengan dua orang pengendara. Mereka juga bangga karena memecahkan dua rekor dunia sekaligus.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//