Lagi Heboh di Medsos, Apa Itu Joki Strava?

Contoh hasil aktivitas lari yang ditampilkan di Strava. (Tangkap layar perusahaan)

FAKTA.COM, Jakarta - Joki Strava menjadi viral di media sosial belakangan ini. Apa itu joki Strava?

Menurut penelusuran FAKTA.COM, Jumat (5/7/2024), joki Strava menjadi pembicaraan sejak netizen berakun @ha*** menawarkan jasa joki itu.

"Btw aku buka joki strava yahh!! tapi yang lari sodaraku yang jago larii, price menyesuaikan pace, km dan dl yahh!! bisa dm akyuuu..#jokistrava," cuit dia.

Cuitan ini viral dan telah dicuit ulang sebanyak 2 ribu kali.

Viral Medsos Elaelo Ganti Twitter (X), Buatan Pemerintah?

Apa Itu Strava?

Dikutip dari laman perusahaan, Strava merupakan aplikasi kebugaran yang didirikan oleh Michael Horvath dan Mark Gainey pada 2009.

Aplikasi itu membantu pengguna untuk melacak dan menganalisis performa saat berolahraga. Platform itu akan menampilkan data berupa rekaman aktivitas olahraga hingga kalori yang telah dibakar.

Aplikasi itu menggunakan teknologi GPS untuk merekam data-data seperti rute dan kecepatan. Yang direkam pun tidak hanya olahraga lari, tetapi juga renang, jalan kaki, hingga sepeda.

Di samping itu, Strava juga merupakan platform media sosial. Dengan begitu, para pengguna bisa mengunggah aktivitas olahraga. Fitur juga bisa mempermudah untuk saling follow dan berinteraksi.

Viral Tikus Makan Cookies di Etalase, Dough Lab Tutup Toko Sementara

Cara Kerja Joki Strava

Penjoki akan menawarkan jasa untuk menggantikan orang lain untuk melakukan aktivitas olahraga. Dia akan menggunakan akun Strava milik pengguna jasa mereka.

Tarif yang ditawarkan pun bervariasi bergantung kepada jenis olahraga. Menurut penelusuran FAKTA.COM di X, misalnya, ada yang menawarkan joki untuk sepeda fondo dengan tarif Rp600 ribu untuk 10 km pace 6.

Viral Antrean Panjang Walk in Interview Loker Superindo di Garut

Jadi Perdebatan

Jasa joki Strava ini menjadi buah bibir warganet dan menimbulkan perdebatan. Banyak netizen beranggapan joki ini hanya untuk orang-orang yang "haus validasi" dan enggak mau ketinggalan tren.

"Joki strava. Baru denger. Akibat dari olahraga cuma FOMO dan mencari pengakuan sosial," cuit @fs***.

"Joki strava. Segitunya ya mau dapet pengakuan sosial," cuit @as***.

"Daripada pake joki Strava buat pamer lari, kan mending dikerjain sendiri. Kalo cuma mau dipuji kencang/jauh ya tinggal naek ojek," cuit @fx***.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//