IN2MF 2024 Bakal Digelar di Paris, Promosikan Modest Fashion Indonesia

IN2MF akan mempromosikan modest fashion di Indonesia. (foto: IN2MF)

FAKTA.COM, Jakarta - Acara fesyen Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) akan digelar tahun ini. Dalam acara ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dan Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk mempromosikan modest fashion Indonesia.

“IN2MF berfungsi sebagai platform untuk memperkenalkan dan memperkuat identitas budaya serta produk modest fashion Indonesia khususnya pasar global," kata Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Ita Rulina dalam keterangan yang diterima Fakta.com, dikutip Rabu (28/8/2024).    

Wignyo Rahadi Ingin Sulam Suji Jadi Produk Fesyen Premium

Untuk kedua kalinya, IN2MF akan digelar di Paris, Prancis di perhelatan fesyen showcase dan exhibition pada 7 September 2024 di Salle Wagram, Paris dan Trade Show Internasional Who’s Next tanggal 8-10 September 2024 di Porte de Versailles, Paris. Kegiatan itu merupakan rangkaian menuju puncak gelaran IN2MF pada tanggal 30 Oktober-3 November 2024 di Jakarta.

IN2MF mendorong pelaku industri modest fashion Indonesia untuk menerapkan konsep sustainability dan memanfaatkan sumber daya lokal serta memakai tekstil dan budaya heritage Indonesia, yaitu kain wastra. Wastra menjadi produk keunggulan dari Indonesia dibandingkan negara lainnya.

"IN2MF mengusung standard looks yang menutup aurat (syar'i) dan penggunaan wastra," kata dia.

Ita berkata kehadiran IN2MF di Paris bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan tekstil Indonesia. Acara itu juga diharapkan bisa mengakselerasi ekspor produk modest fashion Indonesia dan menjadikan negara ini sebagai pemain kunci di industri global.

Siapa Saja yang Akan Tampil di IN2MF? 
IN2MF akan mengusung modest fashion Indonesia. (foto: IN2MF) IN2MF akan mengusung modest fashion Indonesia. (foto: IN2MF)

Lima desainer dan jenama terpilih hasil kurasi dari program IKRA Indonesia akan menampilkan koleksi Spring-Summer 2025 dengan menggunakan wastra Indonesia, yaitu Batik Chic, Yece by Yeti Topiah, Luvnic by Luffi, Brilianto, dan Jamilah x Prafito by Tujuh Bersaudara. Selain itu, dua desainer lainnya yang merupakan desainer nasional dan sekaligus Dewan IKRA juga turut berpartisipasi, yaitu Itang Yunasz dan Wignyo.

Tekan Limbah Produksi Pakaian, Desainer Sulap Kain Perca Jadi Busana Baru

IN2MF in Paris menghadirkan guest designer Dian Pelangi dari Indonesia dan Dalinda dari Paris. Koleksi tersebut mengeksplorasi keragaman tekstil khas Indonesia seperti batik, songket, tenun ikat, ATBM, ecoprint, dan bordir.

Selanjutnya, empat desainer dan jenama yang terdiri dari tiga anggota IKRA dan satu Dewan IKRA yaitu Batik Chic, Luvnic by Luffi, Brilianto, dan Itang Yunasz mengikuti pameran dagang internasional Who’s Next yang berlangsung pada 8-10 September 2024 di Porte de Versailles, Paris.

“Kami berharap kesempatan untuk mengikuti IN2MF in Paris ini dapat dimanfaatkan oleh desainer dan jenama partisipan untuk menarget transaksi bisnis yang berkelanjutan atau jangka panjang. Bukan sekadar target omzet yang bersifat instan atau jangka pendek," ujar Advisory Board Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//