TikTok Shop Buka 10 November? Begini Jawaban Kementerian Perdagangan

Aplikasi TikTok. (Dokumen Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) angkat bicara perihal pembukaan kembali TikTok Shop yang kini tengah dalam pembekuan aktivitas. Sikap pemerintah itu disampaikan oleh Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kemendag, Rifan Ardianto dalam sebuah press briefing di Jakarta.

Menurut Rifan, pihaknya belum menemukan adanya fakta konkrit soal reaktivasi TikTok Shop dalam waktu dekat.

“Kalau TikTok Shop buka lagi 10 November nanti kami belum dengar kabar itu,” ujarnya kepada wartawan di Kompleks Kementerian Keuangan Jakarta pada Kamis (12/10/2023).

TikTok Belum Mengajukan Izin Sebagai E-Commerce

Pernyataan Rifan tersebut diutarakan menyusul rumor yang beredar di dunia maya soal kembalinya TikTok Shop bulan depan. 

Lebih lanjut, Rifan mengungkapkan TikTok saat ini mereka sudah melakukan penyesuaian dari sisi model bisnis sebagai social commerce. Tetapi hal itu tidak serta-merta memperbolehkan platform asal Asia Timur ini boleh berjualan layaknya marketplace.

“Tapi terkait dengan perizinan e-commerce, kami belum menerima. Kita tunggu saja apakah akan mengajukan sebagai e-commerce. Tapi secara sosial commerce mereka sudah,” tegas dia.

POINTER: TikTok Shop Tutup dan Upaya Pemerintah Lindungi UMKM

Berdasarkan pemberitaan Fakta sebelumnya, TikTok Shop harus menutup aktivitas perniagaannya mulai tengah pekan lalu. Hal itu mengacu pada Permendag 31/2023 tentang perizinan berusaha, periklanan, pembinaan dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00,” tulis TikTok dikutip dari laman perusahaan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//