Sudah Clean and Clear, Tanah Bandara IKN Resmi jadi Aset Negara

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
26 Juni 2024 15:42 WIB
Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama Bandara IKN. (Dokumen BPMI Setpres)

FAKTA.COM, Jakarta - Badan Bank Tanah mengungkapkan lahan untuk Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sudah berstatus clean and clear.

"Jadi sudah dilepaskan Hak Pengelolaannya (HPL) dari Bank Tanah, HPL tersebut diberikan kepada Kementerian Perhubungan dan dicatatkan sebagai aset barang milik negara Kementerian Perhubungan," ujar Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja, Rabu (26/6/2024).

Dengan demikian, lanjut Parman, lahan untuk Bandara VVIP IKN tersebut sudah diberikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Statusnya sudah clean and clear, sudah diberikan Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatannya (PDSK) juga oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Jadi sudah selesai, tinggal pembangunannya (bandara)," katanya.

Rencana Presiden Berkantor di IKN, Kasetpres: Tunggu Infrastruktur Siap

Badan Bank Tanah adalah badan khusus (sui generis) yang merupakan Badan Hukum Indonesia yang dibentuk oleh Pemerintah Pusat yang diberi kewenangan khusus untuk mengelola tanah Negara.

Sebagai informasi, pembangunan Bandara IKN resmi dimulai usai Presiden Joko Widodo bersama Menhub dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Bandara IKN pada November 2023.

Bandara IKN dapat melayani pesawat penumpang sipil berbadan lebar seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur.

Kapal Pinisi di IKN, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Pembangunan dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dimulai dari tahun anggaran anggaran 2023 sampai dengan 2024.

Pembangunan fasilitas sisi darat dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sedangkan pembangunan fasilitas sisi udara dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam pembagunannya, konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan, namun tetap modern serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Bandara VVIP IKN di Kalimantan Timur berpotensi bisa menjadi bandara komersial. Adapun Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi segera mengajukan pendaftaran Bandara VVIP IKN atau Nusantara Airport secara internasional kepada International Civil Aviation Organization (ICAO). (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//