Siapkan Desa Wisata di IKN, Sandiaga: untuk Healing, Gak Bikin Kantor Kering

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno ketika ditemui di Gedung DPR, Selasa (17/9/2024). (Dokumen Fakta.com/Muhammad Azka Syafrizal)

FAKTA.COM, Jakarta - Pemerintah tengah berupaya menyulap Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi destinasi pariwisata berbasis komunitas. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno ketika ditemui di Gedung DPR, Selasa (17/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menuturkan bahwa pemerintah tengah berupaya menyulap IKN menjadi destinasi wisata yang bisa memberikan pengalaman yang baik, tetapi tetap terjangkau.

“Kami sudah memetakan kawasan IKN yang menjadi rencana destinasi healing, refreshing, tetapi tidak membuat kantong kering apalagi kepala pening,” ujar Sandiaga.

Meski Terealisasi Rp15,35 Triliun, Investasi Pariwisata Masih Kurang Banyak

Sandiaga juga menyampaikan, rencana tersebut disusun berdasarkan pendekatan pariwisata berbasis komunitas dan kelestarian lingkungan. Artinya, komunitas di IKN akan menjadi ujung tombak desa-desa wisata yang dibangun.

Selain itu, juga tetap memikirkan aspek lingkungan dalam pengembangannya. Sandiaga bahkan bilang, saat ini sudah ada 3-5 spot destinasi berbasis pariwisata hijau dengan kelas dunia.

“Jadi, untuk tahap awal memang pembangunan kepariwisataan itu yang holistik, berkualitas, dan selalu melihat aspek pariwisata hijau—keberlanjutannya,” jelasnya.

Kapal Pinisi di IKN, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Di samping pembangunan pariwisata IKN, Sandiaga juga menyampaikan hal-hal yang menjadi fokus pekerjaan di beberapa minggu sisa amanahnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Jadi, sekarang tugas saya di empat minggu terakhir ini memang fokus kepada penyiapan-penyiapan termasuk rancangan undang-undang kepariwisataan, kemudian ada beberapa harapan seperti destinasi super prioritas (DSP), proyek strategi nasional (PSN), dan beberapa KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) yang harus diselesaikan kesiapannya–jadi itu yang akan kami fokuskan,” pungkas Sandiaga.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//