Seperti Depok, Menhub Budi Minta Daerah Lain Hadirkan BTS

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam peresmian BISKITA Trans Depok, di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok, Minggu (14/7/2024). (Dokumen Kemenhub)

FAKTA.COM, Jakarta - Daerah yang menghadirkan layanan buy the service (BTS), jumlahnya semakin bertambah. Terbaru, layanan transportasi pengumpan dari dan menuju transportasi massal atau feeder bus ini hadir di Depok, Jawa Barat dengan nama BISKITA Trans Depok.

Selain Depok, sudah ada 11 kota lain yang telah mengalokasikan APBD untuk layanan BTS. Di antaranya, Padang, Pekanbaru, Gorontalo, Batam, Tangerang, Semarang, Surabaya, Bali, Surakarta, Jambi, dan Banjarmasin.

Fakta dan data itu tertuang dalam pernyataan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam peresmian BISKITA Trans Depok, di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok, Minggu (14/7/2024). "Kita harapkan, layanan BTS ini bukan hanya menjadi program pemerintah pusat, tetapi juga menjadi program pemerintah daerah," ujar Budi.

Resmikan IDTH di Depok, Jokowi Dorong Penguatan Industri Teknologi Lokal

Layanan BTS adalah skema pemberian subsidi berupa pembelian layanan dari perusahaan angkutan umum, untuk penyelenggaraan angkutan penumpang umum di kawasan perkotaan kepada masyarakat. Layanan ini diberikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, kepada operator, yang akhirnya dinikmati masyarakat.

Adapun Budi memperkirakan, kehadiran BISKITA Trans Depok bisa melayani 2.000 orang. Dengan begitu, kata dia, paling tidak sebanyak 2.000 motor atau mobil pribadi tidak bergerak di jalan.

"Selain berbiaya murah, hal ini juga dapat mengurangi polusi dan kemacetan," tuturnya.

Perusahaan Asal Depok IPO Saham Hari Ini, Silakan Simak Data-datanya

Sebagai informasi, BISKITA Trans Depok akan beroperasi selama 16 jam dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Akan ada total 48 titik perhentian dengan total jarak lintasan 34 kilometer.

Saat ini terdapat 14 unit kendaraan yang siap beroperasi serta satu unit kendaraan cadangan dengan target sebanyak tujuh ritase per unit. Selama 6 bulan di awal beroperasi, layanan ini dapat dinikmati secara gratis.

Selain Depok, kota-kota lain yang telah lebih dulu menerapkan BTS dari Kementerian Perhubungan antara lain Bogor, Bekasi, Palembang, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung dan Surabaya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//