Sentil Bupati yang Tak Tahu Inflasi di Daerahnya, Jokowi: Tanya ke BI atau TPID

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
10 Juli 2024 13:00 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2024 di JCC Senayan Jakarta, Rabu (10/7/2024). (Tangkapan layar Youtube Setpres)

FAKA.COM, Jakarta - Bupati-bupati jadi sasaran tembak Presiden Joko Widodo saat menyinggung soal inflasi di daerah. Pasalnya, Jokowi menemukan ada bupati yang tidak tahu inflasi di daerahnya.

"Kalau saya ke daerah pasti masuk pasar, bupatinya saya tanya inflasinya berapa bulan kemarin? Kalau yang saya tanya gak bisa jawab, mohon maaf masih ada satu dua," kata Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2024 di JCC Senayan Jakarta melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (10/7/2024).

Jokowi pun meminta para bupati tersebut untuk bertanya ke Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Berkat Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Menguat

"Tolong sebelum saya masuk ke kabupaten, bertanya dulu ke BI inflasinya berapa, ke TPID inflasinya berapa, karena pasti saya tanya," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan, selalu bertanya harga-harga. Mulai dari beras, bawang, cabai.

"Karena yang pasti naik kan barang-barang itu. Yang lain relatif stabil," kata Jokowi menambahkan.

Terus Turun, Inflasi Catat Level Terendah Sejak September 2023

Meski begitu, Jokowi tetap mengapresiasi para pemimpin daerah atas pencapaian inflasi Indonesia. Per Juni 2024, angkanya 2,5%.

"Ini berkat bapak ibu sekalian yang selalu rapat dengan Mendagri, rutin setiap minggu dan hasilnya ada," tuturnya.

Jokowi pun membandingkan inflasi Indonesia dengan beberapa negara lain. Seperti Argentina dan Turki. "Bapak ibu cek, mengerikan sekali," kata Jokowi menambahkan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//