Persiapan 17-an di IKN, Sejumlah Kementerian Penuhi Pesanan Penginapan

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
21 Juni 2024 14:35 WIB
IKN. (Dokumen Setkab)

FAKTA.COM, Jakarta - Sejumlah Kementerian memesan habis kamar hotel dan penginapan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, untuk Agustus 2024, kata Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Sandri Ernamurti.

"Banyak calon tamu dari Jakarta hubungi hotel dan penginapan pesan kamar untuk hadiri upacara Kemerdekaan ke-79 RI di Kota Nusantara," kata Sandri Ernamurti, di Penajam, Jumat (21/6/2024).

Sebanyak 10 hotel yang ada di Kecamatan Penajam, lanjut pemilik The Rich Hotel itu, dan semua kamar di masing- masing hotel sudah dipesan habis oleh sejumlah kementerian untuk tanggal 15 sampai 19 Agustus 2024.

Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di Jakarta, dan Istana Negara, Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Asyik, Wisata di IKN Bisa Pakai Kapal Pinisi

Upacara di Kota Nusantara akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta di Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Kamar di 54 hotel dan penginapan yang ada di Kecamatan Sepaku, berjarak lebih kurang 15 kilometer dari Kota Nusantara juga sudah dipesan habis untuk Agustus 2024.

"Ada kementerian minta tolong untuk dicarikan kamar hotel atau penginapan di sekitar Kota Nusantara, dan kami tidak temukan ada kamar yang kosong untuk Agustus 2024," ungkap Camat Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Gamaliel Abimanyu Arliandito.

Kemudian pemerintah kecamatan melakukan pendataan. Menurut dia, tercatat kamar dari 54 hotel dan penginapan sudah dipesan habis untuk tanggal 15 sampai 19 Agustus 2024.

"Bahkan, ada sejumlah penginapan dan hotel kamar dipesan satu bulan penuh pada Agustus 2024," ujarnya.

POINTER: IKN dalam Penantian

Pemesanan kamar untuk Agustus 2024 cukup tinggi dan calon tamu pesan kamar sejak Maret-Mei 2024, menurut pemilik Wisma Sawito yang berlokasi di Kecamatan Sepaku dan ada calon tamu yang pesan kamar untuk awal sampai akhir Agustus 2024.

Data yang didapat Antara calon tamu yang memesan kamar hotel dan penginapan di Kabupaten Penajam Paser Utara itu, di antaranya Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup serta kementerian dan lembaga negara lainnya. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//