Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi 2023 Vs 2024 Versi Bank Indonesia

Oleh Andry Winanto - fakta.com
26 Desember 2023 17:15 WIB
Dewan Gubernur Bank Indonesia. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa perekonomian nasional tetap tumbuh baik didukung oleh permintaan domestik. 

Gubernur BI Perry, Warjiyo mengatakan bahwa konsumsi rumah tangga dan investasi tetap tumbuh sejalan dengan keyakinan masyarakat dan berlanjutnya penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menurut dia, perkembangan ini dikonfirmasi oleh sejumlah indikator utama hingga bulan Desember 2023, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur.

“Sementara itu, kinerja ekspor cenderung lebih baik, seiring dengan peningkatan permintaan beberapa mitra dagang utama, seperti AS dan India,” ujarnya belum lama ini.

Target Pertumbuhan Ekonomi: Mahfud Optimistis, Muhaimin Realistis

Perry menjelaskan, berdasarkan Lapangan Usaha (LU), kinerja perekonomian terutama didorong oleh perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, serta konstruksi. 

“Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 berada dalam kisaran 4,5%-5,3%,” katanya.

Adapun, pada 2024, kinerja konsumsi, baik swasta maupun pemerintah, dan investasi diyakini terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumsi masyarakat yang tetap kuat, dampak positif pelaksanaan pemilu, serta keberlanjutan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan meningkat dalam kisaran 4,7%-5,5%,” kata Perry memperkirakan.

Sri Mulyani Tetap Optimistis Ekonomi 2024 Naik 5 Persen

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2023 tercatat sebesar 4,94%. Angka itu sedikit melambat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,17%.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan,” ucap Perry.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//