Menyoal Padamnya Listrik di Sejumlah Wilayah Sumatra

Ilustrasi mati listrik. (dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Pemadaman listrik terjadi di sejumlah daerah di Sumatra menghebohkan jagat maya. Hal ini disebabkan oleh padamnya listrik dalam waktu yang lama.

Menurut penelusuran FAKTA.COM di platform X, Kamis (6/6/2024), “listrik” menjadi trending topic di X. Hingga berita ini ditulis, ada 36 ribu cuitan yang berkaitan dengan mati listrik. Warganet pun menjerit karena listrik padam hingga puluhan jam.

Plis negara jangan berasa mampu janjiin rumah ya kalau listrik di Sumatera aja gangguannya bisa hampir sampai 24 jam begini. Terus sinyal susah dari kemarin. Kita udah hidup beresiko segelap ini di malam hari. Udah sampai bingung mau jalan gimana. Berasa film horror, yah,” cuit @fr***.

Pemadaman listrik PLN di Pulau Sumatera hari ke-2 masih berlangsung ya. Di Pekanbaru, ada yang 10 jam, 12 jam, 20 jam, bahkan sampe 26 jam tanpa listrik. Imagine balik ke jaman batu. Ga bisa apa-apa. Semua yang butuh listrik, mati. Chaos,” cuit @Mr***.

Promo PLN, Tambah Daya dari 450 ke 5.500 VA Hanya Rp202.403

Apa yang Membuat Sejumlah Listrik di Sejumlah Wilayah Sumatra Padam?

Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu, Iwan Arissetyadhi, mengatakan padamnya listrik itu disebabkan oleh gangguan transmisi SUTET 275 kV Lubuklinggau-Lahat. Gangguan ini terjadi pada dua hari yang lalu. Pihaknya tengah menyelidiki penyebab transmisi terganggu.

“Ya, untuk penyelidikan kami masih belum ya apakah ada ulah dari tangan tak bertanggung jawab dan yang lainnya kami masih fokus menormalkan listrik nya," kata Iwan di Palembang, dikutip dari Antara.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelidiki penyebab pemadaman listrik itu. Perusahaan pelat merah ini mengerahkan 130 personel untuk menormalisasi listrik di wilayah tersebut.

Sudah Kembali Normal

Smelter Freeport Kembali Dapat Tambahan Pasokan Listrik dari PLN

Kini, listrik di sejumlah daerah Sumatra mulai kembali normal. Iwan mengatakan listrik kembali normal 100% setelah terjadi blackout gangguan transmisi SUTET 275 kV Lubuklinggau-Lahat.

“Kita bersyukur sudah sejak pukul 01.16 WIB dini hari listrik kembali normal 100% usai terjadi blackout gangguan transmisi SUTET 275 kV Lubuklinggau-Lahat sejak Selasa 4 Juni 2024,” kata dia.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) UID Lampung Sugeng Widodo, mengatakan listrik di Lampung sudah normal hingga 100%.

"Kami terus melakukan upaya pemulihan kondisi sistem kelistrikan yang sempat terganggu, dan alhamdulillah kondisi kelistrikan telah normal," kata di Bandar Lampung, Lampung.

Pada Kamis pukul 00.59 WIB , lanjut Sugeng, kelistrikan di Lampung sudah 100% dan listrik sudah menyala di 2,6 juta pelanggan. “Ratusan pegawai PLN di seluruh unit telah dikerahkan untuk optimalisasi dan percepatan penormalan sistem kelistrikan yang sempat terdampak hingga Lampung,” kata Sugeng.

Hal serupa juga dikatakan oleh Manager PLN UP3 Jambi, Ediwan. Ediwan menyebut kondisi kelistrikan di Jambi sudah pulih 100%.

"Kami informasikan saat ini kondisi kelistrikan di PT PLN Persero UP3 Jambi telah dapat dipulihkan 100 persen pada pukul 23.50 WIB, akibat dari gangguan pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 KV di Lubuklinggau-Lahat," kata dia di Jambi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//