Menteri Investasi Rosan: Perusahaan Singapura Mau Investasi di IKN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani, saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lawrence Wong, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Singapura (27/8/2024). (Dokumen Kementerian Investasi/Kepala BKPM)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani mengungkapkan, beberapa perusahaan Singapura berminat investasi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Saya dari Singapura kebetulan saya ketemu dengan Sembcorp, mereka mau investasi di solar panel," ujar Rosan dikutip Antara, Selasa (3/9/2024).

Menurut dia, Sembcorp berminat akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau solar cell berkapasitas sekitar 5-6 megawatt. "Investasinya kurang lebih US$60 juta," katanya.

Kemudian pihak lainnya yang berminat terhadap investasi di IKN yakni Raffles Education Center.

PBNU Mau Investasi di IKN, Begini Penjelasan Gus Yahya

Mengutip keterangan Kementerian Investasi/BKPM, kunjungan Rosan ke Singapura pada 27 Agustus 2024 itu langsung disambut Perdana Menteri, Lawrence Wong. 

Pertemuan Rosan dengan PM Wong membahas kondisi geopolitik serta potensi investasi di sektor infrastruktur, kesehatan, kawasan industri, energi baru terbarukan, pendidikan, ketahanan pangan dan manufaktur.

Dalam pertemuan itu, Rosan menekankan pentingnya Singapura sebagai partner Indonesia dalam ekonomi dan investasi, mengingat Singapura selalu menduduki peringkat pertama realisasi investasi di Indonesia selama hampir selama 10 tahun terakhir.

IKN Mulai Berfungsi, Investor Asing Bidik Investasi di Penajam Paser Utara

Adapun PM Wong menyampaikan optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini. Di tengah kondisi tensi geopolitik yang tinggi, PM Wong juga mengeaskan perlunya peningkatan hubungan bilateral yang lebih erat dan saling melengkapi antar negara termasuk Indonesia dan Singapura.

Selain itu, Wong juga menuturkan adanya minat dan komitmen beberapa perusahaan Singapura untuk berinvestasi di Indonesia. Mulai dari potensi Carbon Capture Storage (CCS), kawasan industri, serta pembangkit listrik di Batam, Bintan, dan Karimun (BBK).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//