Mau Ikut Nambang, Ini Beberapa Alasan Muhammadiyah

Ketua DPP Lingkungan Hidup Muhammadiyah, M. Azrul Tanjung, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jumat (26/7/2024). (Dokumen Fakta.com/Viona Avinda Zahran)

FAKTA.COM, Jakarta – PP Muhammadiyah tengah mempertimbangkan untuk mengambil konsesi tambang yang ditawarkan oleh pemerintah. Namun ada beberapa syarat yang diajukan Muhammadiyah.

Salah satunya dampak terhadap lingkungan sekitar tambang. Seperti disampaikan Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata PP Muhammadiyah, Mukhaer Pakkana dalam Seminar Menteng Corner di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jumat (26/7/2024).

“Dunia pertambangan saat ini dikuasai oleh oligarki, Khalifah fil ard penting untuk membebaskan dari oligarki, dan ini kesempatannya demi kepentingan umat dan masyarakat luas,” jelas Mukhaer.

Bahlil: Izin Tambang Ormas Diberikan ke Perusahaan di Bawah Ormas

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP Lingkungan Hidup Muhammadiyah, M. Azrul Tanjung juga mencatat bahwa tambang memiliki risiko lingkungan tinggi, tetapi setiap keputusan Muhammadiyah akan didasarkan pada pertimbangan ilmiah, bukan emosional. 

Azrul menekankan bahwa Muhammadiyah tidak dalam posisi meminta konsesi tambang, tetapi jika diberikan, Muhammadiyah akan memastikan pengelolaan yang baik dan maslahat untuk masyarakat sekitar tambang. 

“Ini perlu dicatat, Muhammadiyah tidak dalam posisi meminta, Tapi kita diberi konsesi tambang,” jelas Azrul.

Pemerintah Tetapkan 6 Tambang yang Bisa Dikelola Ormas Agama, Ada Bekas Adaro

Hingga saat ini, Muhammadiyah telah berdiskusi dengan pemerintah terkait konsesi tambang dan sedang menunggu detail mengenai lokasi dan kondisi tambang yang akan diberikan sampai pendanaan yang diperlukan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//