Laporan Terbaru Bank Dunia, Pertumbuhan Ekonomi Global Lebih Stabil

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
12 Juni 2024 11:51 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Bank Dunia)

FAKTA.COM, Jakarta - Ekonomi global bakal tumbuh stabil pada tahun ini. Jika benar-benar terjadi, maka catatan itu menjadi yang pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir.

Perkiraan tersebut tertuang dalam laporan Prospek Ekonomi Global yang dirilis Bank Dunia, Selasa (11/6/2024). Dalam laporan itu, pertumbuhan ekonomi global tahun ini bisa mencapai 2,6%, kemudian meningkat menjadi 2,7% pada 2025-2026.

Angka itu lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan sebelum pandemi Covid-19. Saat itu, rata-rata pertumbuhan ekonomi global mencapai 3,1%.

"Empat tahun setelah pandemi, konflik, inflasi, dan pengetatan moneter, pertumbuhan ekonomi global stabil," ujar Kepala Ekonom dan Wakil Presiden Senior Grup Bank Dunia, Indermit Gill.

APBN 2025 Ekspansif, Pertumbuhan Ekonomi Ditarget Naik 5,5 Persen

Meski begitu, Gill menilai, pertumbuhan tersebut lebih rendah dari sebelum 2020. Bahkan, prospek negara-negara miskin di dunia lebih rendah lagi.

Dalam penjelasannya, Gill menjelaskan, negara-negara tersebut menghadapi tingkat pembayaran utang yang berat dengan perdagangan yang terbatas dan kondisi iklim yang merugikan. "Terutama 75 negara yang masih harus membutuhkan bantuan internasional," katanya.

Sementara, negara-negara berkembang masih perlu mendorong investasi swasta, mengurangi utang, meningkatkan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Rerata Pertumbuhan Ekonomi RI 2024-2026 hanya 4,9 Persen, Ini Kata Bank Dunia

Dari penjelasan itu, negara berpendapatan menengah diproyeksikan tumbuh 4% secara rata-rata untuk periode 2024-2025. Kemudian, negara berpendapatan rendah tumbuh lebih tinggi hingga 5% dari posisi 2023 sebesar 3,8%.

Adapun pertumbuhan ekonomi negara maju stabil di level 1,5% pada tahun ini. Kemudian, pada 2025 akan naik menjadi 1,7%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//