Kredit Bank Tumbuh Tinggi, OJK Wanti-wanti Risiko Global

Logo OJK. (Dokumen OJK)

FAKTA.COM, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan pertumbuhan signifikan dalam penyaluran kredit oleh perbankan Indonesia selama triwulan I-2024. Angkanya naik 12,4% secara tahunan (year on year/yoy)

Fakta itu tertuang dalam Laporan Surveillance Perbankan Indonesia (LSPI) yang baru saja dirilis OJK, Rabu (7/8/2024).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan beberapa faktor pendorongnya. Mulai dari pertumbuhan ekonomi, termasuk konsumsi domestik yang solid, peningkatan investasi.

"Serta kenaikan ekspor dan pengeluaran pemerintah, termasuk proyek-proyek besar seperti pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kegiatan terkait Pemilu 2024," ujar Dian.

Masih Banyak Masyarakat Gak Terakses Perbankan, Ini yang Dilakukan OJK

Selain itu, pertumbuhan ini didukung oleh kebijakan perbankan yang tetap memberikan dukungan bagi penyaluran kredit, meskipun dalam kondisi ekonomi global yang masih penuh ketidakpastian.

Di sisi lain, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan umum tumbuh sebesar 7,44% (yoy) pada triwulan I-2024, meningkat dari 7,00% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan DPK ini menjadi salah satu faktor yang turut menjaga likuiditas perbankan tetap memadai, memungkinkan bank-bank untuk terus mendukung penyaluran kredit kepada sektor-sektor produktif," kata Dian.

Mengenal Rasio Prudensial Perbankan dan Perkembangannya Terkini

Dengan catatan itu, Dian menegaskan, OJK tetap mengingatkan pentingnya penerapan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit, mengingat masih adanya risiko dari ketidakpastian global. 

“OJK mendorong bank-bank untuk melakukan stress test secara rutin guna memastikan ketahanan permodalan,” jelasnya.

Dengan pertumbuhan kredit yang solid ini, Dian pun berharap sektor perbankan Indonesia dapat terus berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, mendukung berbagai sektor yang menjadi pendorong utama ekonomi, serta menjaga stabilitas keuangan dalam menghadapi tantangan global.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//