Kalau Trump Menang, Ini Dampaknya Buat Indonesia

Donald Trump saat berkampanye di Wisconsin, AS. (Dokumen Instagram/@realdonaldtrump)

FAKTA.COM, Jakarta - Usai Joe Biden angkat tangan dari pertarungannya di pemilu Amerika Serikat, kemenangan Donald Trump terbuka lebar. Namun apa dampaknya bagi Indonesia?

Direktur Riset Bidang Keuangan CORE Indonesia, Etika Karyani menjelaskan, meskipun pada tahun 2017 ketika Trump menang, indeks dolar meningkat dan menyebabkan pelemahan mata uang lainnya, dampaknya kali ini tidak akan sama. Hal ini disebabkan karena sentimen pasar masih sangat dipengaruhi oleh The Fed.

“Pasar melihat kebijakan The Fed akan lebih berperan dan itu akan jadi longgar” ujar Etika dalam CORE Midyear Economic Review 2024, Selasa (23/7/2024).

Tim Kampanye Trump Nyatakan Kemenangan Debat Pilpres AS

Kendati demikian, Etika tidak menutup adanya kemungkinan kemenangan Trump akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. 

Menurutnya, kemenangan Donald Trump berpotensi membuat perang dagang AS-Tiongkok memanas.

“Kalau ini terjadi, ada potensi pasar saham di Asia berguguran,” kata Etika menambahkan.

Lebih jauh, Etika ungkap hal tersebut dapat memberikan guncangan kepada IHSG, bahkan nilai rupiah.

Cadev Kembali Meningkat, Nilai Tukar Rupiah Belum Bisa Menguat

Seperti diketahui, Amerika menerapkan berbagai hambatan untuk barang dari Tiongkok yang berimplikasi kepada pelemahan ekonomi negara tirai bambu tersebut. Dampaknya terasa kepada negara-negara lain, termasuk Indonesia. 

Beberapa waktu lalu, industri tekstil dalam negeri Indonesia harus berdarah-darah karena kebanjiran produk impor dari Tiongkok. 

Hal tersebut merupakan imbas dari oversupply produk Tiongkok karena ada restriksi besar untuk ekspor barang mereka ke Amerika.

Sebagai tambahan informasi, Etika mengatakan Tiongkok sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia sedang mengalami permasalahan karena pertumbuhan ekonominya di kuartal II tercatat sebesar 4,7% yang sebelumnya diekspektasikan 5,1%.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//