Indonesia Selalu Surplus dari Filipina

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
11 Juni 2024 09:37 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Kemenkeu)

FAKTA.COM, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan tersebut menjadi laga hidup mati yang akan menentukan lolos tidaknya Indonesia ke putaran 3.

Sebelum pertandingan yang akan berlangsung hari ini (Selasa, 11/6/2024), catatan Indonesia punya saat menghadapi negeri dengan julukan lumbung padi Asia Tenggara tersebut, terbilang kurang baik.

Indonesia vs Filipina, Laga Hidup Mati

Dalam 5 pertemuan terakhir, dua negara mencatat masing-masing satu kali kemenangan dan tiga kali imbang. Namun kemenangan Filipina jauh lebih baik dengan skor 4-2 saat berhadapan di laga Piala AFF pada 2014.

Namun tenang saja, Indonesia ternyata unggul dalam hal neraca perdagangan. Paling tidak berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2018-2023.

Menurut data BPS, Indonesia selalu mendapat surplus neraca perdagangan dari Filipina. Artinya, nilai ekspor Indonesia lebih besar ketimbang nilai impor.

Pada 2022, surplus neraca perdagangan Indonesia dari Filipina bahkan menyentuh level tertinggi atau mencapai US$11,4 miliar.

Jokowi: Ikan Nila Diminati Dunia, Ekspor Capai Rp230 Triliun

Selain itu, Filipina juga masuk dalam tiga negara penyumbang surplus neraca perdagangan terbesar ke Indonesia setelah India dan Amerika Serikat.

Pada Januari 2024, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyampaikan tiga negara itu juga menjadi penyumbang surplus terbesar ke Indonesia. Rinciannya, India US$1,28 miliar, Amerika Serikat US$0,96 miliar, dan Filipina US$0,63 miliar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//