Erick Tohir Kumpulkan BUMN-BUMN Besar, Apa yang Dibahas?

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dokumen Kementerian BUMN)

FAKTA.COM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir menyampaikan optimisnya kepada perekonomian ke depan. Pernyataan itu dia sampaikan setelah mendenger Rencana Jangka Panjang Pembangunan (RJPP) beberapa BUMN.

BUMN-BUMN yang dimaksud adalah PLN, Danareksa, Pertamina, dan Telkom. Rapat dengan empat BUMN ini berlangsung Rabu (11/9/2024).

Dalam rapat itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memfokuskan PLN untuk meningkatkan digitalisasi dan layanan pelanggan.

Kemudian, Direktur Utama Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi berencana mentransformasikan perusahaannya menjadi spesialis investasi, yang juga merupakan bagian dari ekosistem BUMN.

Termasuk Dividen BUMN, Ini Tambahan PNBP di RAPBN 2025

Pada sesi Pertamina, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan perlunya peningkatan kapasitas dalam negeri untuk mengurangi impor, terutama gasoline dan elpiji, karena permintaan BBM yang diprediksi akan menurun.

Sementara Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, berambisi mengembangkan potensi bisnis dan sumber baru yang beyond connectivity.

Erick melanjutkan rapat di hari ke-2 RJPP BUMN dengan Direktur Utama Bank Mandiri, BNI, BRI, Mind ID, Pelindo dan PTPN, Kamis (12/9/2024).

"Kami ingin memastikan BUMN terus menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satu usahanya dengan selalu menerapkan Good Corporate Governance (GCG) yang baik," ujar Erick.

Kejar Dividen BUMN Rp90 T, Erick Thohir Siapkan Langkah Ini

Dengan persepsi market yang baik kepada Indonesia, Erick ingin memastikan BUMN menerapkan GCG

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, fokus mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi dalam perannya sebagai bank besar nasional dan mendorong inklusi keuangan.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, memaparkan tiga Prioritas Transformasi Bank Negara Indonesia (BNI) menetapkan tiga prioritas dalam transformasinya.

Di sisi lain, Direktur Utama BRI, Sunarso, siapkan BRIvolution 3.0 Bank Rakyat Indonesia (BRI) fokus pada manajemen risiko dan digitalisasi sebagai bagian dari aspirasi jangka panjangnya.

Sementara Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono dan Direktur Utama PTPN III, Mohammad Abdul Gani, genjot hilirisasi, penguatan industri serta mempercepat ketahanan pangan.

Dengan adanya RJPP, Erick berharap adanya data, konsep, keberlanjutan dari masing-masing perusahaan BUMN lebih rapi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//