Erick Thohir Tiba-tiba Bicara Rasio Utang RI, Ada Pesan Tersembunyi?

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
27 Juni 2024 09:27 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Dokumen Setkab)

FAKTA.COM, Jakarta - Ada yang berbeda dengan unggahan Erick Thohir dalam akun Instagram @erickthohir. Menteri BUMN itu tiba-tiba memaparkan perbandingan persentase utang Indonesia dengan negara-negara besar.

Dalam unggahannya itu, Erick menyampaikan, pertumbuhan ekonomi yang baik dari tahun ke tahun membuat Indonesia menjadi salah satu kekuatan besar di dunia.

"Penghasilan negara atau PDB menembus Rp20.892 triliun dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,05% pada 2023 menunjukkan kekuatan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global," kata Erick, Rabu (27/6/2024).

Pembiayaan Utang APBN dari SBN Bertambah Rp8,05 Triliun

Selain itu, dia juga menyebut, jika dibandingkan dengan negara besar di dunia, utang Indonesia baru mencapai 38% dari total PDB.

Bahkan katanya, persentase utang Indonesia jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, Italia, Amerika Serikat, Prancis dan Inggris berutang lebih 100% dari jumlah PDB yang dimiliki.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik pemerintah bisa terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja nyata Bapak Presiden Joko Widodo dalam 10 tahun masa kepemimpinan." -Menteri BUMN, Erick Thohir dalam akun Instagram @erickthohir, Rabu (26/6/2024)-

Tak hanya itu saja, Erick juga mengungkapkan target Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, yang berkomitmen untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

"Dengan visi yang kuat, beliau menargetkan untuk meningkatkan PDB per kapita Indonesia menjadi US$10.000 pada tahun 2029, sebuah langkah besar yang akan mengangkat Indonesia ke posisi ke-17 dalam jajaran negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia, sejajar dengan anggota elit forum G20," tutur Erick.

Utang LN Pemerintah dan Swasta Turun, Milik BI Malah Meninggi

Terlepas dari itu, Erick biasanya lebih banyak mengunggah informasi mengenai BUMN, PSSI, dan tim nasional Indonesia. Lalu, apa pesan tersembunyi yang ingin disampaikan Erick pada unggahannya kali ini?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//