Ekonom Faisal Basri Sempat Punya Rencana Penelitian Ini

Ekonom Faisal Basri saat ditemui Fakta.com di sebuah acara pada pertengahan Agustus 2024. (Dokumen Fakta.com/Muhammad Azka Syafrial)

FAKTA.COM, Jakarta - Beberapa waktu lalu, mendiang Ekonom Senior, Faisal Basri mengungkap ada satu topik penelitian yang ingin sekali ia lakukan.

Dalam sebuah diskusi publik, Rabu (21/8/2024), mengatakan ingin sekali mengkaji soal net resources outflow dari daerah ke Jakarta. Faisal mengatakan, kalau ada lembaga donor yang mau membiayainya, ia ingin mengkaji persoalan tersebut.

Pasalnya, menurut Faisal Jakarta sangat dimanja dengan berbagai fasilitas pembangunan, mulai dari akses transportasi seperti LRT, MRT, dan Jaklinko hingga berbagai kemudahan lainnya.

Ekonom Faisal Basri Tutup Usia, Didik Rachbini: Indonesia Kehilangan Sosok Idealis

Padahal, sumber daya pembangunannya disedot dari kekayaan di daerah. Namun, belum banyak yang menyoroti persoalan tersebut.

“Kalau enggak salah, Pak Edy Rahmayadi (Mantan Gubernur Sumatera Utara) bilang kekayaan dari Sumatera Utara yang ditarik oleh pusat Rp400 triliun, hanya kembali 4%,” kata Faisal.

Faisal bilang, hal ini terjadi di berbagai wilayah lain sehingga net resources outflow-nya ke pusat semakin membuat daerah miskin.

Ekonom Indef: Faisal Basri Sosok Inspiratif bagi Peneliti Muda

Namun, Faisal Basri berpulang sebelum dapat merealisasikan kajian tersebut. Ia berpulang, Kamis (5/9/2024) dini hari di Rumah Sakit Mayapada Kuningan.

Kepergiannya meninggalkan tangis haru, Indonesia kehilangan sosok besar, tetapi mimpi-mimpinya dalam menciptakan tatanan sosial ekonomi yang berkeadilan tidak akan pudar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//