Capai 50%, Pembangunan Bandara VVIP IKN Bisa Rampung Sebelum 17-an

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
02 Juli 2024 13:47 WIB
Pembangunan Bandara IKN. (Dokumen Setneg)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa progres pengerjaan bandara very very important person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sudah mencapai 50%.

"Progresnya (pengerjaan bandara VVIP IKN) kalau kami nggak salah sudah mencapai sekitar 40%-50%," kata Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Sigit Hani Hadiyanto di sela menghadiri Indonesia AERO Summit 2024 di Jakarta, Selasa (2/2/2024).

Sigit menyampaikan bahwa pengerjaan bandara VVIP bernama Nusantara Airport tersebut terus dilakukan bersama Kementerian PUPR, sehingga bisa rampung sesuai yang ditargetkan.

Ada Rekrutmen 40.021 CPNS dalam Pemindahan ASN ke IKN, Ada yang Minat?

Meski begitu, Sigit mengatakan bahwa bandara tersebut ditargetkan bisa digunakan sebelum perayaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada Agustus.

"Ini masih terus berprogres, Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) bahkan dalam setiap kesempatan selalu bergerak ke sana. Jadi, memang kita terus upayakan sesuai dengan target bahwa itu bisa fungsional di 1 Agustus untuk kegiatan paling dekat 17 Agustus," ucap Sigit.

Lebih lanjut Sigit mengatakan bahwa bandara yang dibangun tersebut belum direncanakan untuk melayani penerbangan komersial.

IKN Sudah Makan APBN Rp5,5 Triliun, Buat Apa Saja Ya?

Sigit menjelaskan, bandara tersebut rencananya akan digunakan untuk kebutuhan penerbangan tamu-tamu negara dan melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

Selain itu, bandara IKN tersebut juga belum akan memiliki kode yang umumnya diberikan kepada bandara-bandara komersial.

"Oh, enggak. Bandara khususnya emang disiapkan untuk melayani kegiatan VVIP di IKN. Yang jelas, saat ini bandaranya statusnya adalah bandara VVIP," kata Sigit. (ANT)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//