BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Meningkat Jelang Pemilu

Oleh Andry Winanto - fakta.com
13 Februari 2024 13:20 WIB
Ilustrasi (Foto: Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat telah terjadi peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Hal itu terungkap dari Survei Konsumen Bank Indonesia pada Januari 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2024 sebesar 125. Angka itu lebih tinggi dibandingkan Desember 2023 yang sebesar 123,8

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada Januari 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” ujar dia dalam keterangan tertulis pada Selasa (13/2/2024).

BTN Catat Laba Bersih Rp3,5 Triliun pada 2023

Menurut Erwin, IKE tercatat meningkat didukung oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan saat ini. Sementara itu, IEK yang menunjukkan ekspektasi konsumen pada 6 bulan mendatang juga tercatat meningkat.

“Kondisi tersebut didorong oleh Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha,” tutur dia.

Secara terperinci, pada Januari 2024 rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) mengalami sedikit kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu menjadi sebesar 74,6%. 

Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau meningkat terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-2 juta per bulan.

“Porsi tabungan terhadap pendapatan terindikasi meningkat pada hampir seluruh tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp5 juta per bulan,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//