Anggaran 17-an di IKN Bengkak jadi Rp87 Miliar, Kemenkeu Kasih Penjelasan

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata dalam Konferensi Pers APBN Kita edisi Agustus, Selasa (12/8/2024). (Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI)

FAKTA.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengganggarkan sejumlah biaya untuk pelaksanaan perayaaan HUT ke-79 RI di IKN. Besarannya meningkat dari yang dianggarkan untuk perayaan serupa tahun lalu di Jakarta.

Fakta tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwara dalam Konferensi Pers APBN Kita Edisi Agustus, Selasa (12/8/2024).

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan 17-an di IKN," tutur Isa.

Isa bilang, angka tersebut lebih besar dari anggaran untuk kegiatan serupa tahun lalu di Jakarta, yaitu Rp53 miliar.

Pembangunan IKN Diperkirakan Selesai 10–15 Tahun Mendatang

Dalam kesempatan itu, Isa mengungkap peningkatan anggaran tersebut dipicu oleh beberapa hal.

"Kenaikannya terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana, rincian biaya yang besar itu alat-alat upacaranya, penyiapan sarana fisiknya yang perlu dilakukan di tempat baru," kata Isa.

Isa juga menambahkan, ada porsi anggaran yang besar untuk perjamuan mengingat lokasinya belum banyak tersedia sarana prasarana pendukung.

Fakta-fakta Lowongan ASN di IKN

Sekadar tambahan informasi, tahun ini Kemenkeu juga meningkatkan alokasi anggaran IKN yang sebelumnya Rp40,6 triliun menjadi Rp42,5 triliun.

"Ini terutama untuk memenuhi kualitas dari bangunan termasuk jalan tol," kata Isa.

Menurutnya, dalam pelaksanaan di lapangan ditemukan beberapa area yang perlu penguatan dari bangunan dan jalan tol sehingga perlu ditambah anggaran.

"Ini terutama untuk safety dari bangunan dan jalan tol tersebut," ujar Isa menambahkan.

Di samping itu, pemerintah juga mempercepat beberapa pekerjaan, seperti perbaikan sekolah di sekitar IKN, begitu juga dengan pasar dan puskesmas di lokasi sekitar.

"Untuk mengantisipasi perpindahan ASN tahun ini," pungkas Isa.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//