Ada Masalah Struktural, Pertumbuhan Ekonomi Bakal Melambat

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (Dokumen Kementerian Keuangan)

FAKTA.COM, Jakarta - Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyebutkan pertumbuhan ekonomi triwulan II akan cenderung melemah. Salah satu alasannya ialah ada indikasi permasalahan struktural dalam perekonomian Indonesia.

Ekonom LPEM FEB UI, Teuku Riefky menyontohkan pertumbuhan 5,11% di triwulan I yang masih didorong oleh faktor musiman, seperti momentum Ramadan dan Idulfitri, serta periode pemilu.

Sementara itu, tiga sektor penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia, yakni pengolahan, pertanian, dan perdagangan melanjutkan tren pertumbuhan di bawah rata-rata nasional. Padahal, tiga sektor tersebut menopang 45% aktivitas ekonomi nasional.

Udah Tiga Bulan Deflasi, Apa Iya Ekonomi Beneran Lesu?

Di samping itu, Riefky juga mengungkap adanya indikasi pelemahan daya beli masyarakat, terutama kelas menengah. 

“Perekonomian Indonesia menunjukkan adanya indikasi permasalahan struktural, dengan pertumbuhannya sebagian besar didorong oleh faktor musiman,” kata Riefky dalam risetnya, pekan lalu.

Riefky melanjutkan, karena minimnya faktor musiman yang memicu aktivitas ekonomi, tingginya ketidakpastian global, dan persoalan struktural yang masih berlanjut, perekonomian Indonesia akan melemah di triwulan II 2024.

“Kami mengestimasi PDB akan tumbuh sebesar 4,99% atau dalam rentang kisaran estimasi dari 4,97% hingga 5,01%,” pungkas Riefky.

Ekonomi Kurang Gereget, Ekonom Senior Singgung Sektor Keuangan yang Masih Cetek

Sebelumnya, Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal juga memperkirakan adanya perlambatan pada pertumbuhan ekonomi triwulan II. 

Hal tersebut diungkapnya atas beberapa tren pelemahan, seperti proporsi konsumsi rumah tangga yang menurun, minimnya peningkatan upah, dan penurunan Indeks Penjualan Riil.

“Di kuartal kedua tahun ini, kami prediksikan hanya 4,9%-5,0% jadi ada perlambatan secara margin,” kata Faisal dalam Midyear Economic Review CORE Indonesia.

Adapun proyeksi tersebut berbeda dengan dokumen Rapat Berkala III 2024, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jumat (3/8/2024), pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan II masih berada di atas 5%. Pendorongnya adalah konsumsi rumah tangga dan investasi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//