5 Faktor Indonesia Sebagai Negara yang Cocok untuk Tempat Berinvestasi

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dokumen Bank Indonesia)

FAKTA.COM, Jakarta - Indonesia punya berbagai faktor sebagai negara yang cocok untuk tempat berinvestasi. Faktor-faktor itu terungkap melalui pernyataan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam Indonesia Investment Forum (IIF) di London, Inggris, 5 Oktober 2023.

Beberapa faktor yang disebut Perry, salah satunya ekonomi Indonesia yang stabil. Kedua, Indonesia punya pertumbuhan yang tinggi.

Kemudian, reformasi struktural yang terus berlangsung. Termasuk akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan, serta pengembangan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

"Hal ini penting bagi Britania Raya yang menjadi kawasan penting sebagai mitra ekonomi strategis, terutama sebagai mitra dagang Indonesia dari Eropa terbesar kelima," kata Perry.

Kewajiban Neto Posisi Investasi Internasional Turun jadi US$253,3 Miliar

Perry juga mengungkapkan, Britania Raya perlu memperkuat hubungan bilateral Indonesia sebagai investor di sektor agrikultur-perikanan, konstruksi, tekstil, pertambangan, dan hotel-restoran.

"Hal ini dapat diperkuat dengan sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan baru yang dapat mengangkat sektor UMKM," ujarnya.

Dalam IIF itu, turut muncul diskusi yang membahas sejumlah isu antara lain potensi infrastruktur hijau, pembiayaan berkelanjutan dan investasi di Indonesia. Serta peran digitalisasi bagi masa depan Indonesia serta posisi strategis Indonesia bagi perdagangan global dan rantai pasok global berkelanjutan.

Indonesia-Kanada Bakal Tingkatkan Investasi dan Perdagangan, Ini Langkahnya

Selain itu, terdapat business matching dengan investor untuk enam proyek clean and clear (CnC) Indonesia yang terpilih melalui proses kurasi Bank Indonesia bersama IIPC dan Bank Mandiri London untuk ditawarkan kepada investor di London.

Keenam proyek terpilih tersebut bergerak di sektor energi terbarukan, manufaktur, kawasan industri, dan infrastruktur. Harapannya, kegiatan promosi investasi ini secara konkrit akan mewujudkan kemitraan yang saling menguntungkan antar dua negara.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//