Waspadai Penyakit saat Banjir Melanda, Ini Daftarnya

Warga kebanjiran. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta - Masyarakat rawan terserang penyakit saat banjir melanda.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan dan Alodokter, Rabu (7/2/2024), ada sejumlah penyakit yang perlu kita waspadai saat banjir. Apa saja? Berikut ini adalah rinciannya.

Waspada, Hujan Datang Banjir Mengancam

Diare

Seseorang bisa terkena diare apabila mengkonsumsi makanan dan minuman yang tercemar bakteri, virus, dan parasit. Mayoritas diare bisa sembuh sendiri selama beberapa hari. Meskipun demikian, penyakit itu perlu diobati agar tidak menimbulkan dehidrasi dan syok karena kekurangan cairan.

Leptospirosis

Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek selama Seminggu, Waspada Banjir

Leptospirosis merupakan penyakit yang ditularkan melalui urin atau darah tikus, anjing, atau sakit. Orang yang terinfeksi bakteri Leptospira bisa terserang penyakit ini.

Sekadar informasi, bakteri itu bisa mengkontaminasi melalui kontak dengan air atau tanah yang masuk ke tubuh melalui selaput lendir mata atau luka lecet.

Gejala leptospirosis adalah sakit kepala, mual, menggigil, mata merah, hingga sakit perut dan nyeri betis. Untuk kasus yang lebih parah, penyakit itu bisa mengakibatkan sepsis, meningitis, bahkan sampai gagal napas.

Demam Tifoid

Infeksi bakteri Salmonmella typhi bisa menyebabkan demam tifoid. Bakteri itu menular melalui makanan dan air kotor, misalnya banjir.

Waspada, Hujan Datang Banjir Mengancam

Orang yang terserang demam tifoid akan mengalami panas hingga berminggu-minggu. Gejala lainnya adalah sakit perut, nafsu makan turun, hingga diare dan konstipasi.

Demam tifoid pun juga harus diobati. Jika dibiarkan, penyakit itu bisa menimbulkan komplikasi seperti meningitis, infeksi hati, hingga gangguan jantung.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Nyamuk Aedes aegypti gampang berkembang biak di genangan air, termasuk genangan banjir. Virus dengue yang dibawa nyamuk itu bisa menyerang siapa pun tanpa pandang bulu.

Gejala DBD aedalah demam, nyeri otot dan tulang, bintik merah di kulit, hingga sakit kepala. Penyakit demam berdarah dengue bisa menimbulkan kematian untuk kasus yang parah.

Purnama Pertama 2024 Sebentar Lagi Datang, Awas Banjir Rob

Penyakit Kulit

Masyarakat terpaksa berjalan melalui genangan banjir ketika mencari pengungsian. Permukaan kulit bisa terpapar oleh air yang tercemar bakteri, virus, atau jamur.

Kontak langsung itu bisa membuat gangguan kulit, seperti gatal-gatal hingga infeksi.

Itu adalah sederet penyakit saat banjir. Jika mengalami gejala salah satu penyakit di atas, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//