Waspada Modus Penipuan di ATM!

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
17 April 2024 13:49 WIB
Ilustrasi mengambil uang di ATM. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Ada banyak modus penipuan di ATM. Jika tidak waspada, bisa-bisa uangmu dikuras oleh para pencuri.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Rabu (17/4/2024), ada beberapa modus penipuan di ATM yang sering dilakukan pelaku.

Ganjal ATM

Modus penipuan di ATM yang pertama adalah ganjal ATM, seperti yang terjadi di Kudus, Jawa Tengah, belum lama ini. Sekadar informasi, Satuan Reserse Kriminal Polres Kudus menangkap satu dari empat pelaku pencurian yang berhasil menggasak uang Rp993 juta dari seorang korban. Mereka menggunakan modus ganjal ATM.

Modus Penipuan File APK Makin Marak, Awas Terjebak

Pelaku mengganjal mesin ATM dengan potongan kemasan air mineral. Praktik ini dilakukan agar kartu ATM korban tidak bisa keluar. Ketika mesin macet, korban disarankan oleh pelaku untuk menarik uang terlebih dahulu. Dengan begitu, pelaku bisa mengintip PIN korban, lalu menukar kartu ATM.

Skimming

Skimming merupakan modus pembobolan ATM dengan membaca data kartu, khususnya PIN. Nah, pelaku memasang alat skimming di mesin kartu. Dengan begitu, alat ini bisa membaca data kartu melalui strip magnetik.

Nantinya, pelaku akan membuat data palsu dan mencuri uang korban dengan data pribadi yang sudah didapatkan. 

Agar tidak menjadi korban, sebaiknya meneliti mesin ATM terlebih dahulu. Apakah ada yang mencurigakan atau tidak.

Dikirimi File PDF Lewat WhatsApp dari Orang Asing, Waspada Modus Phising

Tombol PIN Palsu

Modus penipuan ATM yang ketiga adalah pemasangan tombol pin palsu. Pelaku akan menempelkan tombol palsu di atas yang asli. Yang palsu ini akan merekam angka PIN kartu. Dengan rekaman itu, pelaku bisa membobol rekening korban.

Call Center Palsu

Call center palsu sering digunakan oleh pelaku untuk menjerat korbannya. Dia akan menempelkan kertas yang berisi nomor call center palsu di mesin ATM.

Mengapa dipasang di mesin ATM? Biasanya korban akan langsung menelepon call center ketika kartunya tidak bisa keluar dari mesin.

Lalu, korban akan dimintai data pribadi, seperti nama hingga nomor PIN ATM dan kode OTP.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//