Unnes Pastikan Penerimaan Jalur Seleksi Mandiri Tak Ditentukan Besar UKT dan IPI

Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Zaenuri (tengah), menjelaskan Seleksi Mandiri (SM) Unnes, di Semarang, Senin (24/6/2024). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

FAKTA.COM, Jakarta – Universitas Negeri Semarang (Unnes) merupakan salah satu kampus yang membuka penerimaan mahasiswa jalur seleksi mandiri (SM). Unnes memastikan penerimaan via SM tidak ditentukan oleh besaran uang kuliah tunggal (UKT) dan iuran pengembangan institusi (IPI) saat mendaftar.

“Kami tegaskan seleksi mandiri tidak didasarkan pada IPI maupun UKT yang dituliskan mereka (calon mahasiswa) saat mendaftar,” kata Wakil Rektor I Unnes, Prof. Zaenuri, di Semarang, Jawa Tengah, dikutip dari Antara, Selasa (25/6/2024).

Apa Saja Syarat Daftar Ulang SNBT 2024?

Dia berkata IPI atau Sumbangan Pengembangan Institusi dan UKT ditulis berdasarkan kemampuan orang tua masing-masing. Akan tetapi, Unnes memiliki rumus tersendiri untuk penerimaan seleksi mandiri. Artinya, bukan kemudian calon mahasiswa yang menuliskan kesanggupan besar IPI dan UKT yang besar lantas otomatis diterima, sedangkan yang kecil tidak. Pihak kampus tetap memberlakukan mekanisme seleksi.

Untuk UKT, dia menjelaskan nilainya sesuai dengan arahan Dirjen Dikti, yaitu kelompok 1-7 sesuai dengan program studi masing-masing yang diunggah di laman resmi Unnes.

“Antara prodi satu dan lain (UKT, red.) bisa berbeda. Prodi yang memerlukan praktikum, seperti teknik dan kesehatan UKT-nya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ilmu sosial, demikian pula IPI-nya,” kata dia.

Besar UKT terbagi ke tujuh kelompok untuk seluruh program studi, misalnya Kedokteran mulai dari Rp500 ribu-Rp22 juta. Program studi ilmu hukum mulai dari Rp500 ribu-Rp6,4 juta, Teknik Mesin mulai Rp500 ribu-Rp8,25 juta, dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Rp500 ribu-Rp6,4 juta.

Heboh Biaya UKT Tinggi

“Semua pembiayaan sudah disampaikan di situs Unnes. Masyarakat bisa melihat secara lebih teliti dan detail karena masing-masing prodi bisa berbeda. Angkanya bisa dilihat secara terbuka,” kata dia.

Untuk total daya tampung pada tahun ajaran baru, Zaenuri menyebutkan kuota mahasiswa baru Unnes pada tahun ini sebanyak 11.300 orang atau sama dengan kuota tahun lalu.

“Distribusinya dari SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Seleksi Mandiri adalah 20-30-50. Namun, untuk Seleksi Mandiri kami ambil 49%,” kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//