Unik, Begini Cara Koloni Semut Lindungi Diri dari Predator

Ilustrasi semut. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta - Tahukah kamu bahwa semut punya cara unik untuk melindungi diri? Serangga ini akan berpura-pura mati ketika berhadapan dengan predator.

Mengutip laman University of South Australia, Senin (20/5/2024), fakta unik cara semut melindungi diri ditemukan oleh para peneliti di Pulau Kangguru, Australia. Koloni semut Polyrhachis femorata akan berpura-pura mati ketika terancam bahaya.

Mengenal Kutu Busuk, Serangga yang Mewabah di Paris

Sebenarnya, berpura-pura mati atau thanatosis merupakan mekanisme pertahanan diri pada banyak spesies hewan, mulai dari serangga, kadal, hingga burung dan mamalia. Memang, mekanisme ini sering dilakukan setiap individu yang terancam bahaya, seperti berhadapan dengan predator.

Koloni semut Polyrhachis femorata akan berpura-pura mati ketika terancam bahaya. (Dokumen University of South Australia) Koloni semut Polyrhachis femorata akan berpura-pura mati ketika terancam bahaya. (Dokumen University of South Australia)


Namun, yang menarik dalam penelitian ini adalah koloni yang "berakting" sangat baik. Pada jurnal yang terbit di CSIRO, para semut akan memutar tubuhnya dalam posisi yang tidak wajar. Ini terjadi di sebuah kotak yang berisi koloni semut. Cara itu membuat para peneliti takjub.

"Mimikrinya sempurna," kata Associate Professor University of South Australia, Sophie "Topa" Petit.

"Saat membuka kotak itu, kami melihat semua semut mati...kemudian ada satu bergerak sedikit," ujar Petit.

Bukan Singa, Ini Hewan Pemangsa Terbaik di Dunia

Dia mengatakan metode pertahanan itu hanya terjadi pada beberapa jenis semut, baik individu ataupun kelas tertentu. Namun, mekanisme pertahanan diri ini belum terlihat pada koloni.

"Dalam beberapa kotak yang berisi koloni Polyrhachis femorata, beberapa ekor semut memerlukan waktu beberapa saat untuk berhenti bergerak dan yang lainnya tidak berhenti. Pemicu perilaku ini sulit dipahami," kata Petit.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//