Ternyata, Ini Penyebab Air Bisa Mengalir

Air terjun. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Kita sering bertanya-tanya mengapa air bisa mengalir. Ternyata, ada jawaban ilmiah dari pertanyaan ini.

Dikutip dari Pennsylvania State University, Selasa (6/2/2024), sebuah jurnal menyebut bahwa air merupakan zat cair (fluida). Air yang diam tidak bisa menahan tegangan geser. Ketika benda cair yang diam itu mendapatkan tegangan geser (shear stress), air akan bergerak.

Viral Sungai Dipenuhi Limbah Busa di Depok

Sekadar informasi, tegangan merupakan besar gaya yang diberikan molekul-molekul terhadap luas penampang. Tegangan geser adalah gaya per satuan luas yang bekerja sejajar dengan elemen permukaan yang sangat kecil.

Shear stress merupakan salah satu contoh tegangan tangensial, yaitu tegangan yang bekerja sepanjang dan sejajar dengan permukaan. Nah, tegangan ini disebabkan oleh gesekan antar partikel fluida akibat viskositas fluida.

Mengapa Air Laut Terasa Asin?

Selain itu, ada juga faktor lainnya yang menyebabkan air mengalir. Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, air yang mengalir juga disebabkan oleh gravitasi bumi. Gravitasi inilah yang memungkinkan zat cair itu bisa mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//