Ternyata, Buaya Sering Tidur dengan Satu Mata Terbuka

Buaya punya kebiasaan tidur yang unik. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Buaya punya perilaku yang unik ketika sedang tidur. Binatang itu sering membuka sebelah matanya. 

Mengutip dari Live Science, Senin (18/9/2023), peneliti dari La Trobe University, John Lesku, mengatakan tidur dengan sebelah mata terbuka ini merupakan kondisi unihemispheric sleep. Kondisi ini terjadi ketika salah satu bagian otak “bangun”, sedangkan lainnya tidur. Selama unihemispheric sleep, mata yang terhubung ke otak yang terjaga, akan terbuka.

Perilaku unik ini disebut dengan unilateral eye closure (UCE). Lesku berpendapat UEC ini sangat membantu buaya untuk mengawasi predator.

Alasan Unik Kecoak Sering Terbang ke Arah Wajah

Para ilmuwan mengamati perilaku unik dengan sebelah mata terbuka pada buaya air asin (Crocodylus porsus) melalui sebuah penelitian. Penelitian tersebut mengukur berapa lama buaya membuka dan menutup kedua mata, serta hanya membuka sebelah.

Ternyata, buaya hanya melihat dengan sebelah matanya selama 1 jam sehari. Sebagian besar reptil ini menutup matanya selama 17 jam per hari.

“Ini menandakan bahwa buaya lebih suka membuka atau menutup kedua matanya,” kata dia.

Di samping itu, buaya tidur dengan sebelah mata terbuka ketika ada sesuatu yang menarik perhatiannya. Dalam penelitian ini, Lesku mengatakan manusia yang berdiri depan buaya, akan menarik perhatian hewan tersebut.

Terancam Punah, Badak Jawa Kini Tinggal 80 Ekor

Buaya itu akan membuka sebelah mata, lalu mengawasi gerak-gerik manusia sampai dia keluar dari ruangan penelitian.

Lesku juga mengatakan perilaku unik ini tidak hanya dilakukan oleh buaya. Hewan-hewan air seperti lumba-lumba hidung botol dan paus pembunuh juga sering menggunakan metode UEC.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//