Pria di Belanda Terinfeksi COVID-19 Terlama di Dunia, Sampai 613 Hari!

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
23 April 2024 09:55 WIB
Ilustrasi COVID-19. (Putut Pramudiko/Fakta.com)

FAKTA.COM, Jakarta - Para peneliti di Belanda menemukan kasus COVID-19 yang sangat langka. Seorang pria terinfeksi COVID-19 selama 613 hari, infeksi COVID-19 terlama di dunia.

Dikutip dari South Morning China Post, Selasa (23/4/2024), seorang pria lanjut usia itu terjangkit COVID-19 terinfeksi COVID-19 pada Februari 2022 dan dirawat di rumah sakit di Amsterdam, Belanda. Pasien yang mengalami gangguan kekebalan tubuh, terus mengidap COVID-19 hingga meninggal dunia pada Oktober 2023.

Bukan Main, Pria Ini Dapat 217 Suntikan Vaksin COVID-19

Kasus infeksi ini menarik karena virus corona bisa berubah secara signifikan pada orang yang terinfeksi dalam jangka panjang. Infeksi tersebut isa menimbulkan risiko munculnya varian virus baru yang bisa mengalahkan sistem kekebalan orang sehat.

Para peneliti yang dipimpin oleh Magda Vergouwe dari Universitas Amsterdam, telah mengambil sampel dari sang pria dan menganalisis materi genetik virus corona. Hasil analisis sampel itu mengejutkan.

Virus COVID-19 Bermutasi Lebih dari 50 Kali

Ilustrasi virus COVID-19. (Foto: Freepik) Ilustrasi virus COVID-19. (Foto: Freepik) 3 Penyebab Kasus COVID-19 Naik Lagi di Indonesia

Ternyata, ada lebih dari 50 mutasi virus pada sampel itu. Ini termasuk mutasi yang memungkinkan virus menghindari pertahanan kekebalan tubuh.

Disebutkan juga bahwa virus tersebut menunjukkan tanda-tanda resistensi setelah lelaki ini mendapatkan obat antivirus.

Dikabarkan bahwa lansia ini meninggal dunia karena salah satu penyakitnya kambuh.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//