Pendidikan Vokasi Makin Diminati Calon Mahasiswa

Ilustrasi lulusan vokasi industri. (Dokumen Kementerian Perindustrian)

FAKTA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menilai pendidikan vokasi makin diminati calon mahasiswa.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Ganefri, mengatakan 20 prodi terketat pada SNBT 2024 tak dipegang oleh program sarjana, tetapi vokasi, yaitu D-3 dan D-4. Dia mengatakan 20 prodi terketat vokasi ada di PTN-PTN akademik.

"Peminatan masyarakat terhadap vokasi sudah tinggi," kata Ganefri dalam "Konferensi Pers Pengumuman SNBT 2024" yang disiarkan langsung melalui Youtube SNPMB BPPP, Kamis (13/6/2024).

Daftar PTN yang Laris Manis Diserbu Peserta SNBT 2024

Selain itu, tingginya minat calon mahasiswa terhadap prodi ini juga ditunjukkan oleh selisih skor rata-rata UTBK vokasi dengan sarjana yang makin kecil.

"Selisih skor rerata UTBK 2024 antara S-1 dan D-3 lebih kecil daripada 2023," kata dia.

Ganefri menjelaskan, skor rata-rata UTBK program D-3 ada di kisaran 490-an pada 2023, lalu naik menjadi 520-an pada 2024. Gap nilai rerata UTBK antara S-1 dan D-3 pun mengecil, yaitu dari 48,76 menjadi 23,03. Dari sini terlihat bahwa para pendaftar program vokasi punya kemampuan yang tak kalah dengan S-1.

"Artinya apa? Anak-anak yang masuk vokasi ini adalah anak-anak yang cerdas. Dari sisi kemampuan, (mereka) tidak beda jauh dengan S-1," kata dia.

Tak Lolos SNBT 2024? Dirjen Diktiristek: Masih Ada Jalur Mandiri

Sekadar informasi, sejak 2023, seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program vokasi dilakukan serentak dengan program S-1 di PTN. 

Program Vokasi Mulai Dikenal Calon Mahasiswa

Dirjen Vokasi Kemendikbudristek RI Kiki Yuliati, mengatakan tingginya minat calon mahasiswa terhadap program vokasi menandakan bahwa pendidikan ini mulai dikenal calon mahasiswa. Mereka mulai mempelajari apa yang akan didapatkan dari program vokasi.

“Pada dasarnya, yang mengikuti (program) diploma atau sarjana terapan adalah mahasiswa yang kelak akan bekerja,” kata dia.

Cara Unduh Sertifikat UTBK SNBT 2024

Makanya, kata Kiki, para pendaftar akan memilih prodi yang memberikan keahlian dan kompetensi yang diperlukan dalam dunia kerja. Sekadar infromasi, program vokasi adalah pendidikan tinggi yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian yang diterapkan langsung pada dunia kerja.

“Kemudian, mereka memilih D-3 dan D-4,” kata dia.

Sekadar informasi, berdasarkan data Kemdikbudristek, pada SNBT 2024, ada 257,256 pendaftar yang mendaftar di PTN Vokasi, sementara yang diterima hanya 28.415 orang. Rinciannya, 5.730 pendaftar diterima di pilihan pertama, 4.216 pilihan kedua, 11.478 pilihan ketiga, dan 6.991 pilihan keempat.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//