Mengenal Hipertensi, Silent Killer yang Jarang Disadari Orang

Seseorang sedang mengukur tekanan darah. (Dokumen {Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Kita sering mendengar kata “hipertensi”. Hipertensi ini merupakan kondisi medis tekanan darah terlalu tinggi di pembuluh darah.

Mengutip dari laman World Health Organization, Selasa (19/9/2023), hipertensi adalah tekanan darah di atas 140/80 mmHg. Idealnya, tekanan darah normal berada di kisaran 90-120/60-80 mmHG.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan seseorang yang terkena hipertensi, biasanya tidak punya keluhan apa pun. Ada 1 dari 3 orang Indonesia yang mengidap hipertensi.

“Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki keluhan,” kata Budi di Jakarta, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan.

Ketua Tim Kerja Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Fatcha Nuraliyah, memperkirakan ada 70 juta orang Indonesia yang mengidap hipertensi.

Menkes Ungkap Polusi Udara Jadi Biang Kerok ISPA dan Pneumonia

Kalau Dibiarkan, Hipertensi Bisa Jadi Masalah yang Serius

Jika dibiarkan, hipertensi bisa menimbulkan penyakit-penyakit yang lebih serius, seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan stroke.

Ada beberapa faktor seseorang terkena hipertensi, seperti jarang bergerak, diet tinggi garam, obesitas, merokok, dan minum minuman beralkohol.

Biasanya orang yang memiliki tekanan darah tinggi, tidak punya keluhan apa pun. Akan tetapi, tekanan darah yang terlampau tinggi, yaitu di atas 180/120, bisa menimbulkan keluhan-keluhan seperti sakit kepala, nyeri dada, pusing, susah bernapas, pandangan kabur, cemas, telinga berdenging, detak jantung tidak normal.

Jika kamu mengalami gejala ini, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

Cegah ISPA Akibat Polusi, Pemerintah Dorong Masyarakat Pakai Masker

Perbaiki Gaya Hidup untuk Cegah Hipertensi

Mengubah gaya hidup bisa menurunkan tekanan darah dan menjauhkan seseorang dari hipertensi. Misalnya, memperbanyak makan sayur dan buah serta berolahraga.

Pencegahan hipertensi juga bsia dilakukan dengan tidak sering makan makanan asin, merokok, atau minum minuman beralkohol. Manajemen stres pun bisa membantu untuk mencegah hipertensi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//