Mengapa Merkurius dan Venus Tak Punya Bulan?

Kenapa Merkurius dan Venus tidak punya bulan? (Foto: Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Ada dua planet di Tata Surya yang tidak memiliki satelit alami. Keduanya adalah Merkurius dan Venus.

Kok bisa?

Menurut penelusuran Fakta.com dari berbagai sumber, Senin (2/9/2024), ketika Tata Surya dibentuk, sebuah objek akan mengumpulkan material berupa gas dan debu. Ini bertujuan agar objek punya massa yang cukup sehingga bisa menjadi sebuah planet.

Dalam teori ini, satelit alami adalah material sisa yang tidak dikumpulkan oleh planet. Material tersebut kemudian membentuk satelit dan mengorbit planet di bawah pengaruh gravitasinya.

Daftar Planet di Tata Surya dan Rinciannya

Namun, sebuah planet juga dapat memiliki bulan dengan menangkap objek lain seperti asteroid atau komet dan menjebaknya di orbitnya di bawah pengaruh gravitasinya. Contohnya, Mars yang punya satelit alami bernama Phobos dan Deimos.

Planet juga bisa mendapatkan satelit melalui tabrakan dengan objek lain. Material sisa terperangkap dalam pengaruh gravitasi planet dan akhirnya menyatu untuk membentuk bulan yang mengorbit planet tersebut.

Skenario itu kemungkinan terjadi pada Bulan, satelit alami Bumi. Miliaran tahun lalu, Bumi bertabrakan dengan objek seukuran Mars. Dari tabrakan itu, beberapa material terlempar dan terperangkap dalam gravitasi Bumi.

Kenapa, ya, Merkurius dan Venus enggak punya bulan? (foto: Freepik) Kenapa, ya, Merkurius dan Venus enggak punya bulan? (foto: Freepik)
Penyebab Merkurius dan Venus Tak Punya Bulan

Masalah terbesar bagi Merkurius dan Venus adalah lokasi mereka. Kedua planet tersebut terlalu dekat dengan Matahari. Jarak mereka yang terlalu dekat dengan matahari membuat mereka mustahil untuk menangkap komet atau asteroid.

Pada jarak ini, pengaruh gravitasi Matahari mendominasi sistem. Jika ada komet atau asteroid yang lewat, keduanya akan ditangkap oleh Matahari. Kalaupun mereka mempunyai bulan, masih ada masalah lain yang muncul.

Kedua planet tersebut terlalu dekat dengan Matahari. Artinya, setiap bulan yang berada pada jarak yang terlalu jauh dari planet-planet tersebut akan berada dalam orbit yang tidak stabil dan akan ditangkap oleh Matahari.

Ilmuwan AS Klaim Ada 'Kubangan' Air di Bawah Permukaan Planet Mars

Jika mereka terlalu dekat dengan Merkurius atau Venus, mereka akan hancur oleh gaya gravitasi pasang surut.

Zona tempat bulan-bulan di sekitar planet-planet ini dapat stabil selama miliaran tahun mungkin sangat sempit.

Tidak ada benda yang pernah ditangkap ke dalam orbit atau diciptakan di sana ketika planet-planet tersebut pertama kali diakresi. Pada akhirnya, Merkurius dan Venus tidak akan pernah dapat memiliki bulan.

Ada juga yang mengatakan Merkurius tidak mempunyai Bulan karena sangat dekat dengan Matahari dan gravitasinya membuat planet itu tidak akan mampu menahan bulannya sendiri.

Bulan mana pun kemungkinan besar akan menabrak Merkurius. Atau satelit ini mungkin mengorbit Matahari dan akhirnya tertarik ke dalamnya.

Sementara untuk Venus, masih menjadi misteri yang harus dipecahkan ilmuwan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//