Kisah Love’s, Anak Penjual Rempeyek yang Lolos SNBP dan Kuliah Gratis di UGM

Love's Nurani Hasan (tengah) dan orang tuanya. (Dokumen UGM)

FAKTA.COM, Jakarta – Love’s Nurani Hasan gembira bukan main ketika dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Anak penjual rempeyek ini diterima sebagai mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM).

Wanita berusia 19 tahun ini juga mendapatkan beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) 100% alias bebas biaya pendidikan hingga lulus.

“Ini impianku sejak SMA untuk bisa kuliah Akuntansi FEB UGM,” kata Love’s dikutip dari laman UGM, Kamis (20/6/2024).

Dia diketahui tak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga nonakademik. Yang terbaru, Love’s berhasil meraih juara 2 National Accounting Competition Gadjah Mada Accounting Days 2023.

Siswa yang bersekolah di SMAN 1 Probolinggo, Jawa Timur, itu mendorong diri agar giat belajar dan berprestasi. Dia sadar kondisi ekonomi keluarga terbatas.

“Sebenarnya keinginan kuliah sudah ada sejak SMP. Namun, saat itu, saya masih ragu mengingat keterbatasan ekonomi keluarga,” kata dia.

Maya Nabila Jadi Wisudawan Doktor Termuda ITB, Umurnya Baru 24 Tahun

Bukan dari Keluarga Berada

Love’s merupakan anak bungsu dari dua bersaudara pasangan Yuli Nur Hasan dan Eny Rosida. Dia lahir dan besar di Kanigaran, Probolinggo, Jawa Timur.

Semula, keluarganya hidup berkecukupan. Pada 2017, orang tua Love’s mengalami kecelakaan, ditambah sang ayah mengalami cedera permanen dan mengidap diabetes. Sang ibu pun menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan bumbu pecel dan pesanan rempeyek dari tetangga.

“Hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata dia.

Kondisi keluarganya menurun drastis dan aset pun terpaksa dijual untuk bertahan hidup. Sejak itulah, Love’s terlatih hidup mandiri. Sejak SD, dia berjualan tas, stiker, masker wajah, kerudung, dan aksesori untuk mencukupi kebutuhan sendiri. Wanita ini berhenti berdagang karena sepi peminat pada penghujung pendidikan di SMA.

Love’s meyakinkan kedua orang tuanya bahwa dia bisa mencukupi kebutuhan kuliah nanti saking kuatnya keinginan untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Pada akhirnya, saya terbiasa berjuang, dan akan selalu berjuang untuk mimpi-mimpi sehingga saya pun sempat bekerja sebagai pramuniaga di butik dan menjadi host live sebuah online shop,” kata dia.

Universitas Muhammadiyah Maumere Permudah Mahasiswa Bayar Kuliah dengan Hasil Bumi

Bertabur Prestasi

Love’s memiliki segudang prestasi. Selain juara perlombaan akuntansi, dia juga menjadi peraih rata-rata nilai UN tertinggi se-Probolinggo waktu SD. Kemudian, saat SMP, dia menjadi juara 1 dua tahun berturut-turut dalam Lomba Siswa Berprestasi Tingkat Kota Probolinggo pada 2019 dan 2020.

Selain itu, dia juga memiliki sejumlah prestasi, seperti juara 3 Lomba Menulis Esai Tingkat Kota Probolinggo dan menerbitkan novel “Love Yourself” pada 2019. Ada juga Juara 1 Lomba Musik Islami Tingkat 3, Juara 3 OSN Ekonomi Tingkat Kota, dan Juara 3 Olimpiade Tingkat Nasional PRE Universitas Jember.

“Tentu saja setiap dapat hadiah dari lomba-lomba selalu saya sisihkan untuk membeli kebutuhan rumah,” kata dia.

UGM Batalkan Kenaikan UKT, Ringankan Mahasiswa Baru dengan Skema Subsidi

Didukung Orang Tua

Semula, Love’s tak berani mengungkapkan keinginan untuk kuliah karena takut biaya kuliah membebani kedua orang tuanya. Namun, dia memberanikan diri untuk berkonsultasi dengan ketua komite di sekolah untuk kuliah. Tak disangka, kedua orang tuanya langsung mendukung Love’s untuk kuliah.

“Ibu adalah sosok yang selalu memotivasi saya untuk tetap semangat di tengah banyaknya omongan-omongan yang meremehkan. Ada saja yang meremehkan mimpi saya, mereka bilang anak orang miskin mustahil untuk kuliah,” kata dia.

Love’s berpesan kepada siapa pun yang bernasib sama dengannya untuk tidak pernah berkecil hati dan harus meyakini semua orang berkesempatan untuk mewujudkan mimpi. Ditambah lagi, jangan mudah menyerah jika menemui rintangan-rintangan.

“Jalani dengan usaha dan kerja yang lebih keras. Kita hanya perlu berusaha, melakukan yang terbaik, yakin pada mimpi kita, dan selalu berdoa serta berserah kepada Allah pasti akan selalu memberikan pertolongan," kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//