Keseringan Menatap Gadget? 4 Cara Ini Bantu Jaga Kesehatan Mata

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
12 Oktober 2023 10:39 WIB
Seseorang bekerja di depan layar komputer. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Di tengah perkembangan teknologi, kini banyak orang memakai gawainya, entah itu smartphone, tablet, atau komputer. Bahkan, pemakaiannya pun makan durasi waktu yang lama.

Pemakaian gadget dalam waktu yang lama, lama-lama bisa berdampak buruk bagi mata, lho. Cahaya biru (blue light) yang dipancarkan dari gawai berakibat jelek bagi organ penglihatan. Misalnya, seseorang bisa terkena rabun jauh (miopia) karena keseringan menatap layar.

12 Gejala ISPA yang Tak Bisa Kamu Sepelekan

Dikutip dari WhatsApp Channel Kementerian Kesehatan, Kamis (12/10/2023), ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Pertama, memakai gadget maksimal 2 jam. Jangan lupa untuk menjaga jarak minimal 40 – 50 cm.

Yang kedua, mengurangi tingkat kecerahan layar. Menurut penelusuran dari berbagai sumber, kamu bisa memakai fitur dark mode. Selain mengurangi risiko mata lelah, fitur tersebut juga bisa mengurangi paparan cahaya biru.

Ternyata, Gejala Serangan Jantung Pria Berbeda dengan Wanita

Ketiga, menggunakan rumus 20-20-20. Apa itu rumus 20-20-20? Dengan rumus ini, kamu bisa mengistirahatkan mata selama 20 detik setelah menatap layar gadget selama 20 menit. Kemudian, pandanglah benda berjarak 20 kaki atau 6 meter.

Keempat, relaksasi. Tidak ada salahnya memijat area mata. Caranya menggosokkan kedua tangan. Lalu, letakkan tangan yang hangat di atas kelopak mata yang terpejam. Kamu juga bisa memijat pelan kedua pelipis mata.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//