Keren, Pelajar Indonesia Boyong Medali Emas di Olimpiade Matematika Internasional

Ilustrasi

FAKTA.COM, Jakarta – Kabar gembira datang dari Olimpiade Matematika Internasional (International Mathematical Olympiad) ke-65. Tim Indonesia meraih medali emas dari olimpiade ini.

“Kabar baik datang dari adik-adik yang mengikuti International Mathematical Olympiad. Selamat atas raihan prestasi yang dipersembahkan untuk Indonesia,” kata Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Maria Veronica Irene Herdjiono, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Minggu (28/7/2024).

Atlet Indonesia Sabet Belasan Medali di Kejuaraan Karate Portugal

Tim Indonesia berhasil meraih satu Medali Emas oleh Kevin Adi Senjaya dari SMA Kristen BPK Penabur Gading Serpong. Kemudian, tiga medali perunggu diperoleh oleh Frederico Samuel Halim (SMA Kristen 1 BPK Penabur Bandung), Ben Robinson (SMA Kristen Petra 1 Surabaya), dan Raymond Christopher Tanto (SMAS Kristen Kalam Kudus Sukoharjo).

Kemudian, ada dua gelar Honorable Mention yang berhasil diperoleh Maulana Satya Adigama (SMA Taruna Nusantara Magelang) dan Timothy William Koesasih (SMA Kristen Petra 2 Surabaya).

Tim Olimpiade Matematika Indonesia ini didampingi oleh Nanang Susyanto (ketua) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM), Aleams Barra (wakil ketua), dan Fajar Yuliawan dari FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Sekadar informasi, IMOke-65 digelar di Bath, Britania Raya.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan 1 Medali Emas, 3 Medali Perunggu dan 2 Honorable Mention,” kata Koordinator Tim Pembina IMO, Nanang Susyanto.

Dia berkata bahwa pencapaian tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya di Jepang. Kala itu, Indonesia memperoleh 1 Medali Perak, 3 Medali Perunggu, dan 2 Honorable Mention.

“Prestasi yang diraih para siswa Indonesia ini sangat luar biasa,” ujar Nanang.

Selama kompetisi para peserta diminta untuk menyelesaikan enam soal dalam waktu dua hari, dengan pembagian masing-masing tiga soal per hari yang harus diselesaikan dalam waktu 4,5 jam

Indonesia Cetak Rekor Juara PUBG Mobile Asia Tenggara 4 Musim Berturut-turut

Soal-soal tersebut mencakup empat bidang utama dalam ilmu matematika, yaitu aljabar, kombinatorika, geometri dan teori bilangan.

Sang peraih medali emas, Kevin, mengatakan dia harus melalui tahap panjang untuk mengikuti olimpiade internasional, seperti mengikuti Olimpiade Sains Nasional dan mengikuti pembinaan dan seleksi dari Pusat Prestasi Nasional agar bisa mengikuti IMO. Dia juga bangga sudah mengharumkan nama Indonesia.

“Tentu saya sangat bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia,” kata Kevin.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//