Kapan Libur Isra Miraj 2024?

Ilustrasi Isra Miraj. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Isra Miraj biasanya diperingati setiap 27 Rajab. Isra Miraj pada 2024 akan jatuh pada 8 Februari 2024.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Senin (5/2/2024), Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam dan menjadi hari libur nasional di Indonesia.

Buka Puasa Masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Peristiwa ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah, Arab Saudi, ke Masjid Al Aqsa, Palestina dalam semalam. Kemudian, perjalanan itu dilanjutkan ke langit ketujuh, Sidratul Muntaha. 

Isra Miraj juga tertulis di Alquran, tepatnya di Surat Al-Isra ayat 1. 

Tangkap layar surat Al-Isra ayat 1. (Sumber: Alquran Kementerian Agama) Tangkap layar surat Al-Isra ayat 1. (Sumber: Alquran Kementerian Agama)


Isra Miraj juga merupakan salah satu mukjizat yang diterima Rasulullah SAW sebagai hadiah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Kala itu, sang rasul bersedih hati karena istri dan pamannya meninggal dunia.

Dua Peristiwa yang Berbeda

Bacaan Niat Puasa Rajab dan Waktu Pelaksanaannya

Isra Miraj ini sebenarnya adalah dua peristiwa. Yaitu, Isra yang berarti malam. Ini merujuk kepada perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Kakbah (Mekkah) ke Al Aqsa pada malam hari.

Kemudian, Miraj berarti naik yang merujuk kepada naiknya Rasulullah SAW ke Sidratul Muntaha. Pada peristiwa Miraj, umat Islam menerima perintah salat wajib 5 waktu.

Dikabarkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengendarai Buraq dalam perjalanan Isra Miraj. Buraq adalah kendaraan yang berukuran lebih kecil daripada kuda dan lebih besar dari bagal (hewan peranakan kuda jantan dengan keledai betina).,

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//